Beranda Berita Utama Dari Investasi Sampai Vaksin, Luhut Beberkan Kedekatan dengan Tiongkok

Dari Investasi Sampai Vaksin, Luhut Beberkan Kedekatan dengan Tiongkok

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan kedekatannya dengan Tiongkok. Selama ini, banyak pihak yang menilai Luhut selalu memprioritaskan Tiongkok dibanding negara lain, mulai dari kerja sama investasi hingga vaksin Covid-19.

Luhut menjelaskan, setiap investasi yang dilakukan oleh Tiongkok selalu memenuhi seluruh persyaratan yang diberlakukan oleh pemerintah. “Mungkin Tiongkok ingin cari teman, dia lihat kita enak. Tapi semua investasi dia harus memenuhi kriteria di sini,” ujar Luhut secara virtual, Kamis (25/2).

Ia menjelaskan, Tiongkok dapat memenuhi persyaratan dan kriteria yang ditentukan Indonesia, mulai dari transfer teknologi hingga penggunaan teknologi yang ramah lingkungan. “Kita minta alih teknologi dan semua mereka ikuti. Kenapa tidak?” ungkapnya.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Meskipun demikian, Luhut menyampaikan, Indonesia tidak hanya dekat dengan Tiongkok. “Kita dekat dengan Abu Dhabi, super dekat. Kita dekat dengan Amerika juga,” kata Luhut.

Menurut Luhut, kedekatan Indonesia dengan Abu Dhabi juga sudah memberikan penghasilan yang cukup besar terhadap investasi, yaitu sekitar USD 19 miliar yang masuk untuk beberapa proyek di tanah air. “Presiden bilang go ahead, kita hajar saja. Kita nggak akan bisa dibodohi, i promise you,” pungkasnya.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin