25 radar bogor

3 BUMN Ini Gandeng Asing Buat Wujudkan Perusahaan Baterai Raksasa

Menteri BUMN Erick Thohir (MUHAMAD ALI/JAWA POS)
Menteri BUMN Erick Thohir (MUHAMAD ALI/JAWA POS)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan bahwa ada tiga perusahaan pelat merah yang berkolaborasi membentuk perusahaan raksasa baterai (EV battery) mobil listrik di Indonesia. Tiga BUMN tersebut adalah PT PLN (Persero), PT Inalum (Persero) dan PT Pertamina (Persero).

Erick Thohir menhatakan, pihaknya juga menggandeng perusahaan dari luar negeri untuk membangun pabrik tersebut, yakni LG Energy Solution dan Contemporary Amperex Technology atau CATL. Proyek ini juga akan melibatkan anak usaha MIND ID atau Inalum yakni PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

“Kami diberi kepercayaan, dimana PLN, Inalum, Pertamina akan membuat perusahaan baterai nasional partner dengan CATL dan LG,” ujarnya secara virtual, Kamis (25/2).

Erick menjelaskan, langkah tersebut dilakukan agar Indoensia juga dapat menjadi produsen selain pasar. Selain itu, lanjutnya, komoditas juga menjadi andalan Indonesia sebab harganya saat ini terus naik. Harga komoditas yang naik tersebut seperti batu bara, kelapa sawit, karet, dan kakao. Namun, komoditas itu juga harus diolah agar menjadi nilai tambah.

“Value added harus dinaikkan, ekspor digalakkan. Balance ekspor dan hilirisasi, agar saat komoditas tak berpihak ke kita, bisa merasakan value added,” tuturnya.

Sebelumnya, Kementerian BUMN tengah membentuk Indonesia Battery Holding (IBH) untuk mengelola industri baterai terintegrasi dari hulu sampai ke hilir.

Perusahaan holding yang terdiri dari empat BUMN antara lain MIND ID atau Inalum, Aneka Tambang, Pertamina, dan PLN ini ditargetkan bakal terbentuk pada Semester 1 2021 ini. (ran)

Editor : Rany P Sinaga
Sumber : Jawapos