25 radar bogor

Siang Ini, Vaksin Tahap Dua Tiba di Kabupaten Bogor. Berikut Sasarannya!

Vaksinasi-Kabupaten-Bogor
Bupati Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setiawan menyaksikan vaksinasi perdana di Puskesmas Cimandala, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kamis (28/1/2021). HENDI/RADAR BOGOR
Vaksinasi-Kabupaten-Bogor
Bupati Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setiawan menyaksikan vaksinasi perdana di Puskesmas Cimandala, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kamis (28/1/2021). HENDI/RADAR BOGOR

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali menerima vaksinasi Covid-19 tahap dua. Sebanyak 7.726 vial vaksin di jadwalkan tiba di Bumi Tegar Beriman Rabu (24/2/2021) siang.

Sebelumnya, pada tahap pertama, vaksinasi Covid-19 menyasar para petugas kesehatan. Vaksinasi Covid-19 tahap kedua ditujukan kepada sebagian nakes TNI/Polri, Satpol PP serta kelompok masyarakat lanjut usia yang rentan terpapar Covid-19.

“Hari ini (24/2/2021) kita mendapatkan tambahan sebanyak 7.600 vial,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes), Achmad Zaenudin kepada Radar Bogor, Rabu (24/2/2021).

Menurutnya, ribuan vial vaksin tahap dua tersebut sedang dalam perjalanan menuju Kabupaten Bogor. Zein-sapaan-Achmad Zaenudin mengatakan, Kabupaten Bogor mendapatkan tambahan vial vaksin untuk nakses pada tahap dua.

Karena sebelumnya, jumlah vaksin yang datang ke Kabupaten Bogor hanya menyasar 12.800 nakes dengan total dosis vaksin Sinovac yang diterima Kabupaten Bogor sebanyak 25.600 dosis vaksin.

“Vaksin tahap dua dijawalkan tiba di Kabupaten Bogor siang ini, pelaksanaan akan dibagi per zoning untuk memudahkan pendistribusiannya dan memudahkan pelaksanaan vaksin,” kata Zein.

Untuk tahap kedua, Pemkab Bogor menerima vaksin Coronavac dengan kemasan multi-dose, karena lebih cocok untuk vaksinasi massal seperti saat ini.

“Dalam satu ampul vaksin bisa untuk 9 penerima vaksin total 5 ml dalam satu vial,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Dedi Syarif mengatakan, program vaksinasi tahap dua sasarannya sebagian nakes, TNI, Polri, Satpol PP Kabupaten Bogor dan kelompok lansia.

Dedi menjelaskan, vaksinasi pada tahap dua di Kabupaten Bogor tetap memasukan data nakes, karena pada tahap pertama belum menyasar seluruhnya.

Dari total 18.718 nakes yang terdata sebagai penerima vaksin tahap pertama, Kabupaten Bogor hanya menyasar 12.800 nakes.

“Jadi masih kurang 5.000 an nakes. Dari total tersebut, sisa vaksin kemarin kita masih menyisakan 600 dosis vaksin yang bisa dimanfaatkan pada dua. Hari inu kita kan mendapatkan tambahan untuk nakes 7.726 dosis,” katanya.

Kemudian Dedi menerangkan, karena jenis vaksin yang diterima multi-dose, dan satu ampul dapat digunakan untuk sembilan orang. Maka dari total 7.726 vial vaksin tahap dua, dapat menyasar 35.000 penerima vaksin.

“Diambil untuk nakes 5.000, dan sisanya sekitar 30.000an digunakan untuk program vaksinasi tahap dua,” katanya.

Pemkab Bogor telah memiliki data penerima vaksin tahap dua, rincianya untuk Polisi sebanyak 1.863, TNI 1.706 dan Satpol PP 800 orang, sisanya untuk kelompok lansia.(ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep