25 radar bogor

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Resmi Dibuka, Berikut Rincian Insentifnya

Ilustrasi Pendafataran Kartu Prakerja
Ilustrasi Pendafataran Kartu Prakerja
Ilustrasi-Kartu-Prakerja
Ilustrasi pendaftaran kartu prakerja

JAKARTA – RADAR BOGOR, Pemerintah secara resmi membuka kembali program Kartu Prakerja gelombang ke-12.

Gelombang 12 Program Kartu Prakerja Resmi Dibuka, Airlangga : Kuota 600.000 Peserta

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa kuota pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke-12 mencapai 600 ribu.

“Gelombang 12 akan dibuka dengan kuota 600 ribu peserta, jadi ini sesuai dengan kemampuan dari teknologi Kartu Prakerja,” kata Airlangga Hartarto, Selasa (23/2/2021).

Program tersebut bakal difokuskan kepada para pencari kerja atau pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan. Berbagai manfaat bakal diterima para peserta mulai bantuan pelatihan, insentif pascapelatihan, dan insentif pasca-survei.  Adapun total bantuan yang akan diberikan mencapai Rp 3,55 juta.

Perinciannya ialah insentif untuk bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pascapelatihan senilai Rp 2,4 juta, serta insentif pascasurvei Rp 150 ribu.

Airlangga memastikan program itu menjanjikan adanya inovasi dalam peningkatan kualitas kerja karena berbasis digital yang lebih efisien, berorientasi kepada pengguna, dan mendorong kolaborasi secara kompetitif dengan menggandeng swasta maupun lembaga pelatihan.

Sebelumnya, sebanyak 5,5 juta peserta dari 11 gelombang pendaftaran pada 2020 yang tersebar di 514 kabupaten kota dan 34 provinsi di seluruh Indonesia telah menerima Kartu Prakerja.

Survei BPS memperlihatkan program semi-bansos itu telah memberikan keterampilan kepada para pesertanya dan melindungi daya beli masyarakat.

Sebanyak 88,9 persen peserta program itu memperoleh peningkatan skill, sedangkan 81,2 persen peserta mendapatkan insentif untuk kebutuhan sehari-hari.(mcr6/antara/jpnn)

Perincian Bantuan dan Insentif bagi Peserta Kartu Prakerja Gelombang ke-12:

  1. Bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta.
  2.  Insentif pascapelatihan sebesar Rp 2,4 juta (Rp 600 ribu x 4 bulan).
  3. Insentif pascasurvei dengan total Rp 150 ribu (Rp 50 ribu x 3 survei).

Sumber : jpnn.com
Editor : Yosep