Beranda Berita Utama Kapolri Titip Soal Kasus ITE Kepada Kabareskrim Baru

Kapolri Titip Soal Kasus ITE Kepada Kabareskrim Baru

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melantik Komjen Pol Agus Andrianto sebagai Kabareskrim baru. Selain itu, pelantikan ini juga dilakukan kepada beberapa jabatan utama Polri termasuk beberapa Kapolda. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melantik Komjen Pol Agus Andrianto sebagai Kabareskrim baru. Selain itu, pelantikan ini juga dilakukan kepada beberapa jabatan utama Polri termasuk beberapa Kapolda.

Pelantikan digelar di Gedung Awaloedin Djamin, Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (24/2). Dalam kesempatan ini, Sigit meminta kepada Kabareskrim baru agar menciptakan hukum yang berkeadilan.

“Bapak Kabareskrim Polri tolong betul-betul dikawal bagaimana mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan. Karena di masyarakat masih didapati suasana kebatinan yang merasakan bahwa hukum itu tajam hanya ke bawah tapi tumpul ke atas,” kata Sigit usai pelantikan.

Sigit juga meminta Kabareskrim agar mengedepankan restorative justice terhadap kasus pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE.

Tindakan tegas diberikan hanya untuk kasus yang menyangkut keselamatan jiwa masyarakat serta berpotensi menimbulkan konflik horizontal. “Sehingga kemudian rasa keadilan ini betul-betul kita wujudkan,” jelasnya.

Sebelumnya, kursi kosong Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri akhirnya terisi setelah ditinggalkan oleh Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo karena menjadi Kapolri. Sigit memutuskan menunjuk seniornya Komjen Pol Agus Andrianto menjadi Kabareskrim.

Promosi ini tertuang dalam Surat Telegram Rahasia Kapolri dengan nomor ST/318/II/KEP/2021 tertanggal 18 Februari 2021. Telegram tersebut ditandatangani oleh AS SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan.

Komjen Agus sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabarhakam) Polri. Posisi Agus akan diisi oleh Komjen Pol Arief Sulistyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri.

Kapolri menunjuk Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel menjadi Kalemdiklat. Jabatan Rycko selanjutnya akan diisi oleh Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin