25 radar bogor

Kader Demokrat Minta AHY Segera Pecat Jhoni Allen dan Kader yang Membelot

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali didesak untuk segera mengakhiri upaya kudeta dengan memecat Jhoni Allen Marbun dan kader-kader lain yang berupaya mendongkel kepengurusannya. Hal ini dikemukakan oleh Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah Rinto Subekti.

“Kami sedang sibuk membantu masyarakat yang sedang kesulitan akibat Covid-19. Terus terang, kami terganggu dengan upaya-upaya pengambilalihan kepemimpinan yang sah ini. Karena, mau tidak mau, perhatian kami jadi teralihkan dan kerja-kerja politik kami yang konkret jadi tertunda,” Rinto, Selasa (23/2/2021).

Rinto menegaskan bahwa pengurus dan kader Partai Demokrat di Jawa Tengah akan tetap solid dan loyal pada AHY dan menolak upaya-upaya kudeta yang dilakukan oleh oknum. “Supaya tidak berlarut-larut, kader-kader yang mengganggu seperti Jhoni Allen Marbun segera dipecat saja,” katanya.

Sementara terpisah, Ketua DPD Partai Demokrat Yogyakarta Heri Sebayang juga meminta supaya ketua umumnya AHY memecat Jhoni Allen Marbun. Sebab dia yang berusaha melakukan kudeta terhadap kepemimpinan AHY.

“Ketum AHY dan DPP PD harus segera mengambil langkah-langkah tegas supaya masalah ini tidak berkepanjangan. Tidak ada tempat bagi kader-kader yang berkhianat. Pecat saja segera Jhoni Allen Marbun dan konco-konconya,” katanya.

Jateng dan Yogyakarta sempat menjadi basis yang kuat bagi Partai Demokrat, tetapi dalam pemilu 2014, PD kehilangan cukup banyak suara di kedua wilayah ini.

Namun, dalam Pilkada 2020 lalu, PD memenangkan 80 persen pilkada yang diikutinya di provinsi ini, mengindikasikan kembalinya dukungan publik bagi PD di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Pengamat politik Cahyo Seftyono dari Universitas Negeri Semarang mengakui Demokrat kini seksi kembali. Tidak heran jika partai berlambang bintang mercy ini menjadi sasaran akuisisi bagi para petualang yang ingin mengikuti kontestasi politik dengan cara instan.

“Kita lihat konsistensi PD pada isu-isu yang berpihak pada rakyat seperti menolak RUU Ciptaker, RUU Minerba, dan RUU HIP. Selain itu, kerja-kerja politik riil PD seperti membantu masyarakat dan tenaga kesehatan yang terdampak Covid-19, juga dirasakan oleh masyarakat. Tidak heran jika PD kini mulai menuai simpati publik, tercermin dari elektabilitas partai maupun Ketumnya yang menunjukan tren naik diberbagai survei,” ujar Cahyo.

Ia mengingatkan makin tinggi pohonnya, makin kencang anginnya. Cahyo berpesan supaya Demokrat bisa menyingkirkan kader-kader yang membelot untuk melakukan kudeta.

”PD memang harus tegas membersihkan diri dari anasir-anasir yang mengganggu agar makin kompak dan solid menghadapi potensi-potensi gangguan eksternal dikemudian hari,” pungkasnya. (*)

Sumber : jawapos.com
Editor : Yosep