25 radar bogor

7.730 Vaksin Tiba di Dinkes Kabupaten Bogor

Petugas menurunkan vaksin gelombang II di Kantor Dinkes Kabupaten Bogor, Rabu (24/2/2021). Foto: Hendi
Petugas menurunkan vaksin gelombang II di Kantor Dinkes Kabupaten Bogor, Rabu (24/2/2021). Foto: Hendi

CIBINONG-RADAR BOGOR, Vaksin coronavac telah tiba di Kabupaten Bogor pada Rabu (24/2). Setelah sampai, sebanyak 7.730 vaksin untuk tahap kedua sudah diamankan di ruangan khusus Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor.

Vaksin tahap dua yang diantar PT. Pos Logistik diterima oleh Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Achmad Zainudin.

“Vaksin tahap dua sudah datang, sebanyak 7730 dosis vaksin langsung disimpan di tempat sama cool room,” kata Achmad Zainudin, Rabu (24/2/2021).

Menurutnya, vaksin tahap dua nantinya penggunaannya untuk tenaga kesehatan (Nakes) yang belum mendapatkan program vaksinasi, ditambah petugas pelayan publik yang diprioritaskan seperti TNI, Polri kemudian Satpol PP, karena mereka adalah orang-orang yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Ia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi tahap dua rencananya akan dimulai Kamis (25/2/2021) di masing-masing instansi, misalnya untuk Polri di Polres Bogor, kemudian TNI di Kodim 0621 dan di Lanud Atang Sanjaya begitu pula yang lainnya.

“Mulai besok didistribusikan sesuai data yang disampaikan dari instansi masing-masing, baik itu di kepolisian, TNI dan, Satpol PP,” ujar Zein.

Lebih rinci, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bogor, Dedi Syarif menjelaskan, pada tahap kedua vasksinasi di Kabupaten Bogor sasarannya sebanyak 5.000 orang Nakes yang masih tersisa dari total 12.800 Nakes di Kabupaten Bogor.

“Mereka akan kita langsung berikan vaksin secara serentak selama dua hari kedepan, mudah-mudahan minggu ini selesai. Setelah itu kita agendakan untuk para pelayan publik,” jelas Dedi.

Lebih lanjut Dedi memaparkan, vaksin yang datang hari ini berbeda dengan vaksin yang pertama kali datang.

Kemudian Dedi menerangkan, karena jenis vaksin yang diterima multi-dose, dan satu ampul dapat digunakan untuk sembilan orang. Maka dari total 7.726 vial vaksin tahap dua, dapat menyasar 35.000 penerima vaksin.

“Kemudian, kita juga akan menjadwalkan vaksinasi untuk lansia yang berada di zona merah. Berdasarkan data yang ada, sekitar 240 ribu orang lansia akan kita prioritaskan juga untuk diberikan vaksin tahap kedua ini,” terangnya.(ded)

Reporter : Dede
Editor : Rany P Sinaga