25 radar bogor

Jalur Diperbaiki, Ini Keberangkatan Kereta dari Jakarta yang Batal

Ilustrasi tiket kereta lebaran
Ilustrasi tiket kereta lebaran
Ilustrasi-Kereta-Api
Ilustrasi Kereta Api

JAKARTA-RADAR BOGOR, PT KAI (Persero) Daop I Jakarta meminta maaf kepada seluruh pengguna jasa kereta yang terkena dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional kereta yang terganggu.

“Melihat kondisi yang ada serta mempertimbangkan keselamatan, beberapa perjalanan KA dari Jakarta akan dilakukan pembatalan kembali khususnya untuk 7 keberangkatan KA pagi hari,” kata Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Selasa (23/2/2021).

Eva menjelaskan, dampak banjir yang menggenangi jalur rel kereta api (KA) antara Stasiun Kedunggedeh – Lemah Abang Km 55 +100 hingga Km 53+600 mengakibatkan kerusakan di bagian bawah pondasi jalur rel kereta karena lapisan batu balas tergerus arus air yang mengakibatkan sejumlah titik terdapat bagian rel yang menggantung.

“Sampai dengan saat ini tim prasarana Daop 1 Jakarta berupaya semaksimal mungkin melakukan proses perbaikan untuk menormalkan kembali jalur tersebut dengan memperbaiki kembali geometri jalan kereta api melalui pengisian lapisan batu balas di bawah bantalan jalur rel dan pemadatan lapisan batu balas dengan menggunakan alat berat disepanjang lokasi yg terdampak banjir,” jelasnya.

Adapun daftar pembatalan kereta dari Daop 1 Jakarta keberangkatan pagi hari ini dari Pasar Senen, KA 292 Bengawan (Pasar Senen-Purwosari) keberangkatan pukul 06.30 WIB, KA 130 Dharmawangsa (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan pukul 08.50 WIB, KA 320 Tegal Ekspres (Pasar Senen-Tegal) keberangkatan pukul 09.20 WIB, dan KA 302 Serayu (Pasar Senen-Purwokerto) keberangkatan pukul 09.30 WIB.

Sedangkan dari Stasiun Gambir ada KA 38 Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) keberangkatan pukul 06.50 WIB, KA 2 Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan pukul 08.00, dan KA 10A Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan) keberangkatan pukul 08.30.

Sementara untuk keberangkatan 8 KA lainnya pada sore dan malam hari dari Daop 1 Jakarta akan diinformasikan kembali dengan melihat kondisi proses perbaikan jalur rel di lokasi yang terdampak banjir.

Selain pembatalan perjalanan KA jarak jauh dengan jadwal keberangkatan pagi hari, 4 perjalanan KA Lokal relasi Cikarang – Purwakarta (PP) yang operasionalnya melintasi jalur tersebut juga dibatalkan.

Bagi pelanggan KA yang telah memiliki tiket keberangkatan pagi hari tanggal 23 Februari 2021 dari Gambir maupun Pasar Senen dapat melakukan pembatalan tiket di loket pembatalan stasiun.

“Calon penumpang juga diberikan waktu sampai dengan 30 hari kedepan untuk pembatalan tiket KA yang terdampak pembatalan akibat banjir, dengan pengembalian 100 persen,” ucapnya.

Persyaratan untuk pembatalan tiket di loket stasiun, calon penumpang diwajibkan membawa tiket KA dan ID asli calon penumpang.

“Untuk calon penumpang yang memiliki kode booking yang sama dapat dilakukan pembatalan oleh salah satu calon penumpang dengan membawa foto copy ID penumpang yang lain,” pungkasnya. (*)

Sumber : jawapos.com
Editor : Yosep