Beranda Nasional Mau Lolos SNMPTN, Ini Tips Jitunya

Mau Lolos SNMPTN, Ini Tips Jitunya

Ilustrasi peserta SNMPTN (Miftahulyahat/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 tengah berlangsung. Para peserta didik yang saat ini tengah duduk di bangku akhir SMA atau SMK tentunya merasa was-was.

Kekhawatiran itu muncul akibat tingginya animo dan persaingan untuk masuk perguruan tinggi negeri. Belum lagi, kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir menambah kecemasan para calon peserta SNMPTN 2021.

Lalu, pembelajaran jarak jauh (PJJ) tentunya memberikan tantangan baru dalam proses belajar, mau tidak mau, para siswa diajak untuk beradaptasi. Meski demikian, siswa perlu tetap berkonsentrasi dan fokus belajar agar lolos seleksi SNMPTN dengan baik.

pmb universitas nusa bangsa bogor

Strategi belajar pun diperlukan dalam proses belajar untuk menghadapi seleksi SNMPTN. Hasil riset yang dilakukan Ruangguru, berikut strategi belajar efektif yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Bagi Target dan Fokus

Kenali targetmu seperti apa. Bagi siswa kelas 12, saat ini tentunya dihadapkan dengan SNMPTN yang dibuka pada bulan Februari ini. Jika targetmu lulus SNMPTN, maka persiapan kamu harus sejak kelas 10. Apa yang harus kamu lakukan? Tentu saja meningkatkan nilaimu sejak kelas 10 dan menjaga agar tetap stabil sampai kelas 12.

Seperti yang kita tahu, seleksi SNMPTN menggunakan nilai rapor sejak kelas 10 hingga kelas 12. Namun, buat kamu yang baru memulai fokus di kelas 12, jangan bersedih! Kamu masih bisa mempersiapkan untuk SBMPTN jika tidak lulus SNMPTN.

Persiapkan diri dari jauh-jauh hari. Buatlah target yang ingin kamu capai. Teruslah belajar dan berlatih dengan mengikuti Try Out (TO).

2. Manajemen Waktu dan Prioritas

Setiap orang memiliki metode belajar yang berbeda, tidak bisa disamakan satu sama lain. Ada yang metode belajarnya mengerjakan soal sambil mendengarkan musik atau sebaliknya. Waktu belajar setiap siswa juga berbeda, ada yang senang belajar di pagi hari atau belajar di malam hari. Semua tergantung pada diri kamu.

Satu hal penting yang perlu kamu ketahui adalah bagaimana supaya kamu konsisten dengan apa yang kamu lakukan. Konsistensi itu penting dalam keberhasilan. Jika kamu tidak konsisten, maka akan berakibat menghambat pembentukan kebiasaan belajarmu.

Bagilah prioritas kamu dengan benar. Untuk dapat lolos seleksi perguruan tinggi, kamu harus memprioritaskan waktu belajarmu.

3. Evaluasi Hasil Pembelajaran

Evaluasi berguna sekali untuk melihat apakah progress kamu sudah sesuai dengan target kamu atau belum. Kamu bisa lakukan evaluasi per minggu atau per bulan. Evaluasi di akhir belajar memudahkan kamu untuk melihat kelebihan dan kekuranganmu dalam belajar.

Misalnya, keunggulan kamu adalah menghafal, maka kamu bisa menghafal anatomi hewan dalam pelajaran Biologi. Dari sini, kamu perlu evaluasi apakah pelajaran yang tertinggal bisa teratasi? Selanjutnya, evaluasi juga kelemahan kamu.

Apakah dengan metode dan jam belajar yang kamu atur di awal membuat kamu tidak fokus atau melelahkan? Kenali permasalahan yang kamu hadapi dalam proses belajarmu. Jika kamu sudah memahami apa kekuatan dan kelemahan kamu, berikan solusi supaya ke depannya kamu lebih maksimal dalam belajar.

Itu dia strategi belajar yang dapat ditiru untuk bisa lolos SNMPTN. Ingat, persiapkan sejak dini dan terus berusaha. Jika memiliki mimpi yang besar, maka usaha juga harus besar. Optimalkan persiapan dan usaha sejak dini. (ran)

Editor : Rany P Sinaga
Sumber : Jawapos