25 radar bogor

Makan Korban, Objek Wisata Gunung Batu Sukamakmur Ditutup

Petugas mengevakuasi remaja asal Sukabumi jatuh dari puncak Gunung Batu, Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Minggu (14/2/2021) sore. Septi/Radar Bogor
Petugas mengevakuasi remaja asal Sukabumi jatuh dari puncak Gunung Batu, Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Minggu (14/2/2021) sore. Septi/Radar Bogor

SUKAMAKMUR-RADAR BOGOR, Imbas kejadian jatuhnya remaja asal Sukabumi di Gunung Batu, Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, pada Minggu,(14/2/2021) lalu, aparat tutup aktivitas di objek wisata alam tersebut.

Camat Sukamakmur, Agus Manjar menginstruksikan langsung Pemerintah Desa Sukaharja untuk disampaikan ke pengelola wisata pendakian Gunung Batu.

“Khawatir terjadi lagi kejadian seperti yang lalu, tutup dulu sementara sampai situasi kondusif,” ujarnya kepada Radar Bogor, Senin(22/2/2021).

Menurutnya, selain karena faktor cuaca, pengelolaan objek wisata alam tersebut juga belum memadai. Mengingat, lanjut mantan Camat Tenjo itu, selama ini pengelolaannya dipegang oleh perorangan yang memiliki lahan garapan di jalur menuju gunung tersebut.

Dirinya menyarankan pemdes setempat untuk terlibat dalam pengelolaan Gunung Batu sebagai kekayaan alam milik Desa Sukaharja.

Sementara itu Kepala Desa Sukaharja, Atikah menuturkan, objek wisata Gunung Batu sudah ada jauh sebelum dirinya menjabat sebagai kepala desa. “Dan sudah lama penggarap lahan di area Gunung Batu yang mengelola menjadi tempat wisata pendakian,” katanya.

Dirinya pun mengaku selama ini belum pernah dilibatkan dalam semua aktivitas yang ada di objek wisata tersebut. “Jadi setelah kejadian kemarin, sekarang sudah ditutup, belum ada aktivitas lagi,” tandasnya.(cok)

Reporter: Septi Nulawam Harahap
Editor: Alpin