25 radar bogor

Lagi, UGM Jadi PTN Terbaik Indonesia Versi 4ICU UniRank 2021

Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (Foto: iNews.id/Kuntadi)
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali meraih posisi pertama dalam pemeringkatan universitas terbaik di Indonesia versi 4 International College & Universities (4ICU) UniRank 2021.

Penghargaan ini tidak lepas dari pengembangan dan inovasi teknologi informasi yang terus dikembangkan.

“Kami bersyukur UGM kembali menempati peringkat pertama di Indonesia 4ICU tahun ini,” kata Rektor UGM, Panut Mulyono, Minggu (21/2/2021).

Prestasi ini merupakan hasil kerja keras seluruh sivitas akademika UGM dalam menjalankan berbagai tugas tridharma perguruan tinggi. Selain itu juga tidak lepas dukungan dari para alumni (Kagama).

“Semoga kontribusi UGM kepada masyarakat, bangsa, dan negara semakin meningkat,” harap Panut.

Sementara Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM, Widyawan mengatakan, pemeringkatan ini menggunakan UniRank Universitay Rangking.

Penilaian berdasarkan sistem alogaritma lima website yang dianggap netral dan independen yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Reffering Domains, serta Majstic Trust Flow.

Setidaknya ada tiga kriteria yang harus dipenuhi oleh universitas di Indonesia untuk dapat masuk dalam pemeringkatan UniRank.

Pertama, telah terakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara. Kedua, menawarkan gelar sarjana empat tahun dan pascasarjana dan yang ketiga memberikan pendidikan dalam format tradisional, tatap muka, dan non jarak jauh.

“Pemeringkatan ini menunjukkan popularitas UGM yang dilihat dari banyaknya jumlah kunjungan ke website UGM dan domain di bawahnya,” katanya.

Widayawan mengatakan prestasi ini tidak lepasa dari memanfaatkan teknologi informasi baik di bidang pendidikan, pengajaran, dan penelitian. Artinya, terdapat pengakuan dari dunia internasional terhadap adopsi digital di UGM.

“Tidak hanya pada infrastruktur teknologi informasi, tetapi juga mengembangkan konten-konten digital yang berkualitas,” katanya.

4ICU merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan keterkenalan atau popularitas website yang dimiliki.

Sementara dalam pemeringkatan di tingkat nasional kali ini terdapat 577 universitas di Indonesia yang masuk dalam penilaian. (ran)

Editor : Rany P Sinaga
Sumber : iNews