25 radar bogor

Hindari Potensi Bahaya Saat Berkendara di Musim Hujan, Berikut Tipsnya !

Tips berkendara aman di musim hujan
Tips berkendara aman di musim hujan

BOGOR-RADAR BOGOR, Musim hujan masih terus berlangsung di awal tahun 2021 ini. Keadaan ini mengharuskan pengendara sepeda motor untuk lebih berhati-hati saat berkendara di jalanan. Untuk menghindari potensi bahaya yang mungkin terjadi, Yamaha Riding Academy (YRA) menyuguhkan sejumlah tips bermanfaat yang dapat diterapkan pengguna sepeda motor.

”Faktor pengendara, kendaraan, lingkungan atau cuaca sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan. Kita wajib menjalankan safety riding untuk menjaga diri sendiri dan pengendara lainnya, khususnya menghindari potensi bahaya saat berkendara di musim hujan. Untuk itu, Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan beberapa tips yang bisa dijalani ketika menghadapi kondisi hujan di jalanan,” papar Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA, Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Berikut beberapa tips berkendara saat hujan untuk menghindari bahaya tersebut :

1. Jaga jarak aman

Berkendara dalam kondisi hujan atau jalan yang basah diperlukan jarak yang aman untuk menghindari kecelakan, dikarenakan jalan lebih licin sehingga traksi / daya cengkram pada roda motor berkurang.

2. Selalu Waspada

Berusaha untuk tetap fokus terhadap sekitar kita, baik itu kendaraan lain, jalan yang berlubang dan ada orang yang menyebrang, dengan tetap waspada serta menjaga fokus akan membantu pengendara untuk mengatur kecepatan pada kecepatan yang aman.

3. Mengatur Penggunaan Rem

Lakukan pengereman dengan halus dan perlahan, karena saat kondisi hujan traksi atau daya cengkram roda terhadap permukaan jalan yang basah menjadi berkurang. Sehingga untuk menghindari slide atau tergelincir saat melakukan pengereman atur tekanan rem dan jaga jarak pengereman agar motor lebih mudah dikendalikan.

4. Gunakan Safety Gear Yang Tepat (Ukuran sesuai dan berwarna cerah)

-Jas hujan model setelan (atasan dan bawahan)

-Helm dengan visor bening

-Gunakan sepatu anti air / karet

-Gunakan sarung tangan

5. Terjaga Motornya, Aman Orangnya

Salah satu faktor penyebab kecelakaan adalah kondisi kendaraan yang kurang baik. Untuk menghindarinya perhatikan hal berikut :

-Kondisi rem yang pakem.

-Kembangan ban yang bagus / tidak gundul.

-Tekanan ban yang sesuai dengan standar spek.

-Electrical / lampu berfungsi baik.

-Kondisi cover body yang baik, tidak terbuka. Karena air yang masuk dapat menyebabkan korsleting di bagian komponen electrical.

-Selalu persiapkan kendaraan dengan baik dan lakukan perawatan secara berkala agar kondisi kendaraan selalu prima.

Demikian sejumlah tips dari Yamaha Riding Acadeny untuk menghindari potensi bahaya berkendara sepeda motor saat kondisi hujan. Semoga turut berkontribusi bagi pengendara motor agar tetap safety dan melancarkan aktivitas yang membutuhkan kendaraan sepeda motor. (*)

Editor : Rany P Sinaga
Sumber : Yamaha