25 radar bogor

Dua Tahun, Misteri Pembunuhan Noven Siswi SMK Baranangsiang Belum Juga Terungkap

Petugas kesehatan saat memeriksa kondisi siswi SMK Baranangsiang Bogor, yang tewas ditusuk, Selasa (8/1/2019).
Petugas kesehatan saat memeriksa kondisi siswi SMK Baranangsiang Bogor, yang tewas ditusuk, Selasa (8/1/2019).

BOGOR-RADAR BOGOR, Awal Tahun 2019. Tepatnya pada 8 Januari 2019, Andriana Yubelia Noven (18) meregang nyawa.

Siswi SMK Baranangsiang ini tewas ditikam badik oleh seorang remaja pria, saat ia seorang diri hendak menuju ke kosannya setelah pulang dari sekolah.

Siswi Kelas XII tersebut tewas dengan luka tusukan di tubuhnya. Bahkan, senjata tajam yang dihujamkan pelaku, masih menancap ditubuh Noven saat korban ditemukan oleh warga sekitar lokasi kejadian.

Sosok pelaku pembunuh Noven pun terekam CCTV warga yang mengarah ke lokasi kejadian. Namun, pengungkapan kasus pembunuhan ini tidak mudah. Polisi kesulitan mencari pelaku. Dua tahun dirasa belum cukup untuk bisa menangkap si pelaku.

Padahal sudah berbagai cara dilakukan polisi untuk mengungkap siapa pembunuh Noven ini. Termasuk menggandeng FBI.

CCTV yang menjadi petunjuk polisi pun tak cukup untuk menemukan pelaku pembunuh Noven. Itu lantaran hasil gambar dari CCTV tersebut pecah.

radarbogor.id mencatat, ketika itu polisi meminta bantuan ahli digital forensik Biro Investigasi Federal untuk mengidentifikasi wajah pelaku yang terekam kamera CCTV di lokasi kejadian.

Alat yang dimiliki FBI ini berfungsi untuk memperjelas tampilan dari sebuah video, sehingga diharapkan dapat mengungkap wajah pelaku pembunuh Noven.

Tidak hanya itu, polisi sudah memeriksa 30 orang saksi. Namun, masih belum mendapat petunjuk.

Itu karena tidak ada saksi yang melihat dan mendengar pada saat peristiwa terjadi. Polisi yang juga sudah membuat sketsa wajah pelaku pun dibuat ragu.

Polisi sempat mencurigai mantan kekasih Noven. Ia adalah remaja berinisial S. Karena tak cukup bukti, pria tersebut dilepaskan. Polisi juga sempat memeriksa laptop, telpon genggam hingga media sosial Noven, namun tak ada petunjuk mengarah ke siapa pelakunya.

Penyidikan kasus Pembunuhan Noven inipun sempat dihentikan sementara jelang Pilpres 2019 lalu.

Saat itu, Kombes Hendri Fiuser yang menjabat sebagai Kapolresta Bogor Kota mengatakan, polisi tengah fokus pengamanan pemilu yang akan digelar pada 17 April 2019. “Nanti (Penyelidikan) setelah pilpres kita evaluasi lagi,” katanya ketika itu.

Namun, Tahun demi tahun berganti. Hingga pucuk pimpinan Polresta Bogor Kota berganti, pembunuh Noven masih belum terungkap.

Lalu seperti apa kelanjutan kasus ini? radarbogor.id mencoba mengkonfirmasi Kapolresta Bogor Kota, Kombespol Susatyo Purnomo Condro.

Kombespol Susatyo Purnomo Condro menegaskan kasus pembunuhan Noven ini masih terus berjalan.

Penyidik Polresta Bogor Kota Masih terus memburu pelaku. “Masih dalam proses lidik lanjutan,” katanya kepada radarbogor.id Senin (22/2/2021). (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep