25 radar bogor

Hujan Deras, TPT di Desa Wargajaya Ambruk Timpa Dua Rumah

Tembok Penahan Tanah (TPT) rumah salah satu warga ambruk sehingga menimpa dua rumah warga lainnya di Kampung Batu Tumpang, RT 04/01 Desa Wargajaya.
Tembok Penahan Tanah (TPT) rumah salah satu warga ambruk sehingga menimpa dua rumah warga lainnya di Kampung Batu Tumpang, RT 04/01 Desa Wargajaya. Septi/Radar Bogor

SUKAMAKMUR-RADAR BOGOR, Hujan lebat yang terjadi sejak Jumat (19/2/2021) dini hari menyebabkan bencana longsor di Kecamatan Sukamakmur.

Tembok Penahan Tanah (TPT) rumah salah satu warga ambruk sehingga menimpa dua rumah warga lainnya di Kampung Batu Tumpang, RT 04/01 Desa Wargajaya.

Menurut Kepala Desa Wargajaya, Ooy Tamami, kejadian sekira pukul 04.00 WIB saat warga tengah tertidur pulas. “TPT rumah Bapak Jarkasih sepanjang 30 meter dengan tinggi 15 meter menimpa rumah Bapak Upuy Saepul Palah dan Bapak Sarifudin,” ujar Ooy melalui keterangan rilisnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya beberapa bagian rumah warga rusak terdampak ambruknya TPT tersebut. Usai mendapatkan laporan, pemerintah desa setempat dibantu petugas Satpol PP Kecamatan Sukamakmur meluncur ke lokasi kejadian untuk evakuasi.

Ooy pun telah menyarankan warga terdampak untuk segera mengungsi namun warga memilih bertahan di bagian rumah yang tidak terdampak longsor.

Sementara itu, Kanit Satpol PP Kecamatan Sukamakmur, Edi Rahman menyatakan telah menerjunkan anggotanya ke lokasi kejadian. Dan untuk sementara, pihaknya melakukan pencegahan longsor susulan dengan memasang terpal penahan tanah.

“Dari kejadian tersebut diperkirakan mengakibatkan kerugian Rp. 100 juta, kami sudah mengusulkan bantuan ke pemda,” tandasnya.(cok)

Reporter: Septi Nulawam Harahap
Editor: Alpin