25 radar bogor

Kantor Pos Ciampea Bersiap Salurkan Bantuan Sosial Tunai

Ilustrasi 8 bansos yang cair Juni 2022
Ilustrasi bansos. (Dok. Radar Bogor)
Ilustrasi Bansos
Ilustrasi Bansos

BOGOR-RADAR BOGOR, Kantor Pos Kecamatan Ciampea tengah bersiap menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk masyarakat.

Seperti yang dilakukan Selasa (16/2/2021) pagi. Petugas Kantor Pos di wilayah Kabupaten Bogor bagian Barat itu, tengah menyortir surat undangan yang akan disebarkan kepada warga.

Sebanyak 6777 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menjadi target penerima BST. Menurut Rudi, salah satu petugas Kantor Pos Ciampea, pihaknya bekolaborasi dengan aparat desa mengajak setiap KPM agar mengambil BST pada jadwal yang telah ditentukan. “Totalnya ada 13 desa yang terlibat dalam proses penyalurannya,” ujar Rudi.

“Kami sudah mengimbau para kades untuk datang mengambil surat undangan. Nantinya, surat undangan akan disebar dari kades kepada setiap warga,” tambah Rudi.

BST kali ini merupakan penyaluran tahap yang ke-11, sehingga petugas Kantor Pos sudah terbiasa melaksanakan rangkaian pembagiannya.

Setelah penyebaran undangan, petugas loket akan membagikan BST pada warga yang rencananya akan dilaksanakan Rabu (17/2/2021) dan Kamis (18/2/2021). Kemudian data penyaluran akan diarsip dan dikirim ke pusat yaitu Kantor Pos Djuanda.

Menurut Rudi, tantangan terbesar dalam proses penyaluran BST yang dihadapi petugas loket adalah pemenuhan syarat teknis yang kadang lalai dipenuhi warga.

“Kendala yang ada kalau warganya lupa membawa KTP, padahal syarat menerimanya ya menujukkan KTP itu. Untuk mengatasinya kami ingatkan saja, kami imbau untuk pulang ke rumah mengambil KTP nya baru kembali lagi,” jelasnya.

Jumlah bantuan yang diterima setiap warga adalah Rp300 ribu per KK. Mengenai respon warga sendiri dari penyaluran BST yang sudah pernah diberikan ditahap sebelumnya, Rudi mengungkapkan bahwa warga sangat antusias dapat menerima bantuan tersebut.

“Warga sih senang ya bisa mendapat uang untuk langsung digunakan membeli kebutuhan,” pungkas Rudi.

Ia berharap BST dan program kesejahteraan lainnya seperti pembukaan lapangan pekerjaan dapat dilakukan pemerintah hingga pandemi usai. (*)

Editor : Yosep