25 radar bogor

BIN Gelar Swab Antigen Massal di Terminal Bojonggede, Empat  Reaktif Covid-19

Swab-antigen3
Warga menunggu antrean Test Cepat Antigen di Terminal Bojonggede, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang dilakukan Badan Intelijen Negara (BIN). Selasa (16/2/2021). HENDI/RADAR BOGOR
Swab-antigen3
Warga menunggu antrean Test Cepat Antigen di Terminal Bojonggede, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang dilakukan Badan Intelijen Negara (BIN). Selasa (16/2/2021). HENDI/RADAR BOGOR

CIBINONG-RADAR BOGOR, Badan Intelijen Negara (BIN) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar swab antigen dan PCR test massal Covid-19 di Terminal Bojonggede, Kabupaten Bogor, Selasa (16/2/2021).

Sebanyak 120 orang dari 500 kit swab antigen yang disiapkan telah menjalani rapid tes, 4 orang diantaranya reaktif Covid-19.

Korlap Mobile Laboratorium Covid BIN, Kol Inf Budi Santoso mengatakan, BIN telah melaksanakan swab antigen massal di Terminal Bojonggede, sebagai upaya dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Sebanyak 26 petugas medis gabungan mulai dari farmasi, dokter, analisis, perawat dan petugas pendukung lainnya dilibatkan dalam swab antigen dan PCR test massal Covid-19.

“Kami menyiapkan Mobile Laboratory Bio Safety Level dua (BSL-2), untuk mendukung kegiatan ini,” ujar Budi, Selasa (16/2/2021).

Menurutnya, kegiatan rapid test massal ini merupakan arahan dari Kepala BIN Budi Gunawan untuk membantu pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19.

“Sudah 121 orang dirapid (swab antigen). 4 orang diantaranya positif antigen,” katanya.

Sedangkan empat orang yang reaktif Covid-19 langsung menjalani pemeriksaan swab test.

“Hasilnya menunggu 8 hingga 10 jam untuk swab test. Nanti sudah keluar hasilnya akan diserahkan ke camat,” katanya.

Budi menjelaskan, swab antigen dan PCR test massal merupakan hasil kerjasama dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor.

“Kami menyiapkan 500 rapid antigen untuk pelaksanaan di Bojonggede, karena daerah tersebut zona merah jadi prioritas. Hasilnya nanti diserahkan ke Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor,” katanya.

Ia berharap, kegiatan seperti ini dapat memutus mata rantai. Dan Budi mengingatkan agar masyarakat patuh menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dan 3M. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep