25 radar bogor

Bangun Empat Taman Baru, Kebun Raya Bogor Dapat CSR Pertamina

Kebun-Raya
Salah satu taman di dalam kawasan Kebun Raya Bogor.
Kebun-Raya
Salah satu taman di dalam kawasan Kebun Raya Bogor.

BOGOR – RADAR BOGOR, Kebun Raya bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) melakukan program CSR di Kebun Raya Bogor dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs (Sustainable Development Goals).

Bantuan itu untuk merevitalisasi Taman Obat dan Ochidarium. Selain itu diharapkan dapat memberikan keindahan, kenyamanan, serta edukatif bagi pengunjung Kebun Raya Bogor.

General Manager Kebun Raya Bogor, Marga Anggrianto menjelaskan, dalam program ini, selain merevitalisasi Taman Obat dan Orchidarium, Pertamina memperkenalkan dan mengembangkan taman binaannya.

Pertama ada Taman Anggrek Hitam. Berada di area Taman Obat dan Orchidarium. Terdapat Anggrek Hitam dengan jenis Coelogyne Pandurata yang berasal dari Kalimantan.

“Selain itu ada juga jenis Anggrek Hitam grammatophyllum speciosum, grammpatophyllum scriptum, grammatophyllum stapeliiflorum,” kata Marga pada radarbogor.id, Minggu (14/2/2021).

Selain itu, ada Taman Kopi. Di sana, terdapat tiga Jenis tanaman kopi yaitu robusta ulubelu dari Lampung, Sumatera Selatan, Arabica Puntang dari Bandung, Jawa Barat dan Arabica Kamojang dari Garut, Jawa Barat.

Ketiga ada Taman Durian. Taman ini berada di area Sujana Kassan. Terdapat dua jenis tanaman durian yaitu Durian kerantungan dan durian lai mas, yang berasal dari Kalimantan

Lalu terakhir ada Taman Nephentes, lokasinya berada di depan danau gunting. Berbagai macam dan jenis Nephentes ditanam di area tersebut.

Jenis Nephentes yang ada di Rumah kaca yaitu Mirabilis, Sumatrana, Rafflesiana, Gracilis, dan berbagai macam jenis nephentes lainnya.

Pertamina juga turut serta dalam Pelestarian Lingkungan dengan melakukan perhitungan daya serap karbon di Kebun Raya Bogor.

“Salah satu programnya yaitu menghibahkan 10 unit bis listrik agar dapat membantu mengurangi emisi karbon di area Kebun Raya Bogor,” tukas Marga. (dka)

Reporter : Andika Try Wiratama
Editor : Yosep