25 radar bogor

Liburan Imlek, Kawasan Wisata Pangandara Sepi dari Pengunjung

pangandaran
Suasana Panai Pangandaran saat libur Imlek Jumat (13/2/2021) yang sepi dari pengunjung.
pangandaran
Suasana Panai Pangandaran saat libur Imlek Jumat (13/2/2021) yang sepi dari pengunjung.

PANGANDARAN-RADAR BOGOR, Libur Imlek tidak begitu terasa di kawasan wisata Pantai Pangandaran. Pantauan di lokasi, suasana di sana sepi dari pengunjung.

Jumlah wisatawan masih bisa dihitung dengan jari, hanya ada beberapa yang asyik berfoto dan menikmati suasana pantai.

Meski saat awal pandemi pedagang banyak yang tidak berjualan, di hari raya tahun baru China Jumat (12/2/2021) para pedagang mulai kembali bekerja.

Rifa, salah satu pengunjung mengatakan jika dirinya melihat secara dominan penjual makanan yang masih banyak membuka tokonya.

Hal serupa diungkapkan Sangadah. Warga lokal itu mengaku jika hanya beberapa daerah pantai yang ada pengunjungnya. Biasanya, di hari libur mereka lebih banyak berdatangan ke daerah Pantai Timur untuk melihat sunrise, dan Pantai Barat sebagai pilihan agar bisa berenang juga melihat sunset.

Pedagang oleh-oleh masih buka selama Jum’at (12//2/2021) sampai Minggu (13/2/21021). Diketahui jika mereka banyak yang belum menetap di rukonya dikarenakan hari biasa sepi pembeli.

“Kalau penjual ikan jambal roti yang khas Pangandaran itu masih ramai di hari Jum’at, Sabtu, Minggu. Tapi kalau hari biasa masih jarang yang menetap dan dari masa pandemi jarang yang berjualan di ruko,” ujar Sangadah.

Saat memasuki kawasan pantai, pengunjung akan dimintai hasil rapid test antigen, kecuali untuk yang melewati jalur tol. Di sana juga sempat dilakukan operasi masker selama masa PSBB.

Hal ini bisa jadi sebagai pemicu jumlah wisatawan yang turun. Padahal, meski operasi dilakukan, pengunjung masih bisa melakukan aktivitasnya karena hanya dilakukan pengecekan.

Reporter : PKL-Haniyah N.S
Editor : Yosep