25 radar bogor

PT SCNP Ekport Perdana Vacuum Cleaner ke USA

Direktur Operasi PT SCNP, Shirly Effendy bersama Kakanwil Bea Cukai Jabar Saipullah Nasution melepas eksport perdana vacuum cleaner bissel di Cileungsi Kab Bogor Kamis (11/2) siang.
Direktur Operasi PT SCNP, Shirly Effendy bersama Kakanwil Bea Cukai Jabar Saipullah Nasution melepas eksport perdana vacuum cleaner bissel di Cileungsi Kab Bogor Kamis (11/2) siang.

­BOGOR-RADAR BOGOR, Ditengah pandemi Covid-19, PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk (SCNP) malah membuat gebrakan. Ya, perusahaan yang memproduksi peralatan rumah tangga ini mengekspor vacuum clener bissel ke Amerika Serikat, Kamis (11/2) siang.

‘’Kami bersyukur dapat melakukan eksport perdana ke Amerika Serikat (USA) sebanyak 2,2 juta unit atau setaran dengan nilai Rp800 miliar. Ini target kami pada 2021, peluang pasar di USA cukup besar pada 2021 yakni sebesar Rp64 trilyun,’’ kata Direktur Operasi PT SCNP, Shirly Effendy usai melepas eksport perdana vacuum cleaner bissel di Cileungsi Kab Bogor Kamis (11/2) siang.

Sekadar diketahui, PT SCNP prinsipal brand merk Turbo. Perusahaan ini baru lima tahun berdiri dan memproduksi perlengkapan rumah tangga karya anak bangsa.

Sebelumnya, pada 2019, PT SCNP sukses ekspor Air Purifier Holmes tahun 2019 dan UVC Air Purifier Turbo tahun 2020 ke USA, tahun 2021 ini SCNP kembali melakukan ekspor produk Vacuum Cleaner Bissel ke USA.
Pada kesempatan perdana ini SCNP melepas 6(enam) kontainer Vacuum Cleaner ke USA.

Menurut Shirly Effend, produk vacuum cleaner ini adalah hasil kerja sama dengan perusahaan raksasa konsumer elektronik asal Cina yaitu Guangdong Xinbao Electrical Appliances Holdings Co. Ltd. (“Donlim”). Saat ini Donlim adalah perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Shenzhen.

Aktivitas ekspor ini berkontribusi secara signifikan bagi perekonomian Indonesia yakni penetrasi pasar konsumer elektronik di Amerika Serikat. Selain itu, masuknya tambahan devisa bagi perekonomian nasional.

‘’Kami juga membuka lapangan kerja bagi pasar tenaga kerja domestic, sebanyak 500 orang,’’ paparnya.

Lebih jauh Shirly Effendy menjelaskan perangkat vacuum cleaner ini menggunakan teknologi canggih, hasil pengembangan bersama antara Donlim, Bissel dan SCNP.

Perangkat ini merupakan hasil riset dan pengembangan teknologi dari brand konsumer elektronik yang telah berusia ratusan tahun.

‘’Berdasarkan data pasar 2021, proyeksi penjualan segmen produk vacuum cleaner di USA adalah USD 4.8 miliar atau setara dengan IDR 68 Triliun per tahun. Pasar vacuum cleaner US ini akan bertumbuh 1.7% setiap tahunnya hingga 2025.

PT SCNP tetap berupaya melakukan terobosan nyata dan berkelanjutan baik dari sisi pengembangan produk maupun perluasan pasar, baik dalam skala lokal, regional maupun global,’’ paparnya.

Shirly menegaskan dengan gencarnya kegiatan produksi massal produk ini, protokol kesehatan semakin intensif dan konsisten. Tak heran bila ini mendapatkan kepercayaan dari Amerika Serikat.

Sementara itu itu Kakanwil Bea Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution mengapresiasi PT SCNP yang melakukan ekport ke Amerika Serikat.

‘’Kalau sudah diterima Amerika Serikat sangat mudah untuk memasarkan barang ini ke negara lain,’’ kata Saipullah.

Terlebih pada massa pandemi covid seperti saat ini,pihaknya sangat mendorong perusahaan di dalam negeri melakukan ekport.

Tak heran dirinya memberikan keringan dan kemudahan baik secara finansial maupun prosedur pengurusan eksport.

‘’Dengan begitu perusahaan dapat menghemat atau menekan biaya dalam melakukan ekport,’’ pungkasnya. (unt)