25 radar bogor

Kabar Baik dari Presiden Jokowi, Pedagang Pasar dan Sektor Jasa Segera Divaksin

Ilustrasi-Vaksin
Ilustrasi-Vaksin
Ilustrasi-Vaksin
Ilustrasi-Vaksin

JAKARTA – RADAR BOGOR, Kabar baik datang dari Presiden RI Joko Widodo mengenai pedagang pasar dan sektor jasa yang akan segera divaksin.

Jokowi mengatakan lapisan masyarakat yang memiliki tingkat interaksi dan mobilitas tinggi mungkin bisa menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 berikutnya, setelah petugas pelayanan publik.

“Minggu depan ini (vaksinasi) masuk ke pelayanan publik, kemudian mungkin yang interaksi dan mobilitasnya tinggi, misalnya pasar atau di sektor-sektor jasa yang padat interaksi, segera lakukan. Bukan orang per orang, karena kami ingin vaksinasi itu klaster,” kata Jokowi saat membuka Munas VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (11/2/2021).

Menurutnya, pemerintah ingin segera melakukan vaksin berbagai lapisan masyarakat untuk menurunkan tingkat penularan Covid-19.

Oleh karena itu, dia meminta pemerintah daerah membuat perencanaan detail mengenai sasaran vaksinasi Covid-19 untuk lapisan masyarakat. Termasuk mereka yang rentan seperti kelompok lanjut usia.

“Pemerintah pusat sedang berusaha keras untuk mendapatkan tambahan vaksin dari berbagai sumber. Vaksin ini produsennya tidak banyak, tapi direbutkan oleh 215 negara,” ujar dia.

Jokowi juga meminta pemerintah daerah mempersiapkan secara optimal tenaga vaksinator dan manajemen pelaksanaan vaksin di lapangan.

Perlu ada pelaksanaan vaksinasi massal di tempat-tempat umum seperti Gedung Olahraga ataupun Balai Kota, selain yang dilakukan di Puskesmas.

“Sehingga secara harian ini kita bisa lakukan (vaksinasi) dalam jumlah yang banyak sehingga tercapai herd immunity (kekebalan komunal),” ujarnya. (antara/jpnn)

Sumber : jpnn.com
Editor : Yosep