25 radar bogor

Aisha Weddings Kampanyekan Nikah Usia Muda, Menteri PPPA Lapor Kapolri

Ilustrasi Pernikahan sesama jenis
Ilustrasi Pernikahan sesama jenis
Ilustrasi Pernikahan
Ilustrasi Pernikahan.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga memberikan tanggapan atas promosi yang dilakukan Aisha Weddings.

Pasalnya, wedding organizer tersebut mendukung anak menikah di usia muda melalui media sosial hingga brosur.

“Promosi untuk nikah di usia muda yang dilakukan Aisha Weddings membuat geram Kemen PPPA dan semua LSM yang aktif bergerak di isu perlindungan anak,” terang dia dalam keterangannya, Rabu (10/2/2021).

Masyarakat pun turut resah akan hal tersebut karena promosi itu telah mempengaruhi pola pikir anak muda bahwa menikah itu mudah.

Padahal pernikahan di Indonesia sudah diatur dalam Undang-Undang Perkawinan Nomor 16 Tahun 2019 yang menyebutkan perkawinan diizinkan apabila perempuan dan laki-laki sudah berumur 19 tahun.

“Promosi Aisha Weddings tersebut juga telah melanggar dan mengabaikan pemerintah dalam melindungi dan mencegah anak menjadi korban kekerasan dan eksploitasi seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 17 tahun 2016,” ujarnya.

Promosi tersebut juga telah mengurangi upaya pemerintah dalam usaha menurunkan angka perkawinan anak yang dampaknya sangat merugikan anak, keluarga dan negara. Mengkampanyekan nikah di usia muda dan menjual jasa event organizer pernikahan, pihaknya akan menindaklanjutinya dengan serius.

“Kemen PPPA akan mempelajari kasus ini dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, beberapa Kementerian/Lembaga dan NGO. Saya juga berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo dan Kapolri agar dapat dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” tutur dia.

Dia pun mengajak setiap pihak dan masyarakat untuk bersama-sama memiliki kepedulian dan sensitif terhadap isu anak karena anak adalah generasi penerus bangsa ini.

“Kami mengajak semua pihak untuk lebih intensif mencegah perkawinan anak agar semua anak Indonesia terlindungi,” tutup Menteri Bintang. (*)

Sumber : jawapos.com
Editor : Yosep