25 radar bogor

Perayaan Imlek, XL Axiata Siap Dukung Kenyamanan Aktifitas Masyarakat 

Ilustrasi. Petugas XL sedang memperbaiki jaringan.
Ilustrasi. Petugas XL sedang memperbaiki jaringan.

JAKARTA-RADAR BOGOR, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah mempersiapkan jaringan untuk mendukung kenyamanan aktifitas masyarakat menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2021. Meskipun berada dalam situasi pandemi, XL Axiata memperkirakan secara nasional akan ada peningkatan trafik data  sekitar 5% dibanding hari biasa.

Peningkatan trafik ini diprediksi akan terjadi di beberapa kota dengan konsentrasi perayaan Tahun Baru Imlek terbesar di Indonesia.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, untuk mendukung kenyamanan masyarakat selama perayaan Imlek tahun ini, XL tetap melakukan serangkaian persiapan, meskipun potensi kenaikan trafik yang terjadi relatif tidak terlalu tinggi.

Kapasitas jaringan XL siapkan hingga dua kali lipat. Peningkatan trafik akan lebih banyak terjadi di layanan data, sementara potensi kenaikan trafik layanan percakapan (voice) XL perkirakan hanya sekitar 2%.

“Sementara itu dari layanan SMS tidak akan mengalami kenaikan. Dibandingkan dengan perayaan tahun sebelumnya, konsumsi data tahun ini diprediksi lebih besar karena perubahan pola aktivitas masyarakat selama masa pandemi yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah,”katanya

Sama seperti tahun sebelumnya, kenaikan trafik tahun ini pun diprediksi akan terjadi di beberapa kota yang menjadi pusat perayaan Imlek terbesar di Indonesia antara lain di Singkawang, Pontianak, Medan, Semarang, Bandung, dan Jakarta. Dari jenis layanan, trafik layanan streaming secara umum diprediksi mengalami peningkatan sekitar 5-10%.

Selain itu, layanan seperti Video Conference Call, Game Online, Web Browsing, dan Instant Messaging (IM) akan turut mengalami peningkatan. Hal ini tidak terlepas dari aktivitas pelanggan dan masyarakat yang memang masih dilakukan dari rumah guna menghindari paparan Covid-19.

Peningkatan trafik pengguna data  diperkirakan akan terjadi di beberapa daerah penyangga di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Jepara, Pati, Kudus, Grobogan, dan Karanganyar. Selain itu, peningkatan yang sama diprediksi akan turut terjadi di Kabupaten Serdang Bedagai dan Simalungun di Sumatera Utara.

“Kami perkirakan peningkatan trafik terbesar nantinya akan terjadi di kawasan pemukiman mengingat kita masih berada dalam situasi pandemi dan masih rawannya bencana alam. Hingga saat ini curah hujan masih tinggi serta telah menyebabkan banjir dan tanah longsor di berbagai daerah. Tercatat telah terjadi beberapa kali bencana alam sejak Januari 2021. Selain memastikan layanan terbaik menghadapi Imlek tahun ini, kami pun akan terus memantau dan memberikan perhatian lebih kepada sejumlah daerah rawan bencana di Indonesia,” jelas Gede lebih jauh.

Selama perayaan Imlek nanti, XL Axiata akan memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di sejumlah kawasan pemukiman dan pusat perbelanjaan.

Selain itu, sejumlah antisipasi guna menghadapi kondisi darurat bencana alam juga telah disiapkan. Langkah antisipasi tersebut antara lain berupa menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu.

Sementara itu, guna melayani pelanggan yang membutuhkan dukungan layanan selama perayaan Imlek, tim layanan pelanggan XL Axiata juga telah siap.

Pelanggan bisa menghubungi petugas call center selama 24 jam, melalui 817, 818 dan 838 serta channel layanan berbasis digital yaitu @myXLCare untuk twitter dan Facebook Page, live chat di www.xl.co.id, dan email [email protected].  Untuk pelanggan kartu axis juga bisa melalui @ask_AXIS untuk twitter, live chat di www.axis.co.id dan email [email protected]. (*/ran)

Editor : Rany P Sinaga
Sumber : XL Axiata