25 radar bogor

Penyempitan Sungai Cibarengkok Klapanunggal Sebabkan Banjir, Pemdes Salahkan Perumahan

Banjir di Klapanunggal
Banjir di Klapanunggal

KLAPANUNGGAL-RADAR BOGOR, Penyempitan badan Sungai Cibarengkok diduga menjadi penyebab meluapnya air sehingga merendam sebagian wilayah di Desa Cikahuripan, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

Banjir pun terjadi setiap hujan deras turun sehingga acapkali membuat warga dan pengguna Jalan Raya Klapanunggal terganggu.

“Cikahuripan yang kena imbas, dulu lebar sungai itu bisa sampai 5 meter, sedangkan sekarang hanya 2 sampa 1,5 meter,” ungkap Kepala Desa Cikahuripan, Andi Upi kepada media.(9/2/2021)

Menurutnya, Sungai Cibarengkok berada di perbatasan antara desanya dengan Desa Klapanunggal.

Dalam penataan ulang sungai, Andi meminta Pemdes Klapanunggal dan dinas terkait ikut turun bukan hanya dibebankan ke pihaknya.

Sementara itu, Kepala Desa Klapanunggal, Ade Endang mengakui, menjamurnya kawasan perumahan di wilayahnya membuat lahan resapan air semakin berkurang.

Termasuk lebar sungai yang saat ini diakuinya mengalami penyempitan. Sempat, saat baru menjabat sebagai Kepala Desa tiga hari lalu, dirinya bersama warga gotong royog membersihkan sampah di wilayah Sungai Cibarengkok.

“Namun intensitas hujan yang tinggi membuat air meluap ke jalan dan banjir, di sana banyak lumpur dari pabrik sehingga sungai juga mendangkal, harus dinormalisasi,” ujarnya.

Nantinya, dirinya akan menjalin komunikasi dengan Pemdes Cikahuripan untuk duduk bersama dalam rangka mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Terpisah, Pengawas Jalan UPT Pengairan Wilayah Jonggol, Saman mengakui adanya penyempitan badan sungai lantaran semakin banyaknya pembangunan perumahan di wilayah tersebut.

“Kurangnya personil kami sehingga tidak menjangkau seluruh wilayah, satu kecamatan hanya satu pengawas,” akunya.

Seharusnya, sambung Saman, pemerintah setempat juga dapat melakukan pencegahan dengan tidak membiarkan badan sungai menyempit.

Meskipun begitu, dirinya menunggu laporan dari pemerintah desa setempat sebelum turun ke Sungai Cibarengkok.

“Ditangani dulu sementara, apakah nantinya akan dilakukan normalisasi dan pelebaran sungai,” tandasnya.(cok)

Reporter : Septi Nulawam
Editor : Rany P Sinaga