25 radar bogor

Ketua DPRD Dorong Pemkab Bogor Alokasikan Anggaran untuk Tambah Ruang ICU

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto

CIBINONG-RADAR BOGOR, Kebutuhan Kabupaten Bogor ruang ICU sangat tinggi di tengah pandemi Covid-19. Namun, keberadaanya masih sangat terbatas.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor agar mengalokasikan sejumlah anggaran infrastruktur untuk menambah ruang ICU di wilayahnya.

Rudy-sapaanya mengatakan, kebutuhan untuk penanganan kesehatan termasuk peningkatan infrastruktur kesehatan lebih penting ketimbang melakukan peningkatan infrasturktur jalan dan sebagainya.

“Kami memang tidak dilibatkan dalam perencanaan realokasi anggaran, tapi kami sudah sampaikan rekomendasi kepada Bupati Bogor,” kata Rudy.

Ia menyebutkan bahwa masih ada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kabupaten Bogor yang belum memiliki ruang khusus ICU Covid-19.

“Kita tidak pernah tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Saat ini, ada kesempatan untuk refocussing anggaran, saya harapkan Pemkab Bogor bisa bijak,” kata Politisi Partai Gerindra itu.

Rudy mengatakan, meski DPRD tak dilibatkan langsung dalam perencanaan realokasi anggaran, Rudy berharap masukan yang diberikan dapat diterima oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD).

Pasalnya, dalam situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Bogor, setidaknya ada pekerjaan infrastruktur yang bernilai di atas Rp30 miliar sedang dilelang milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Tiga pekerjaan tersebut yaitu peningkatan Jalan Kandang Roda-Pakansari senilai Rp97,8 miliar, peningkatan Jalan Kandang Roda-Sentul Rp32 miliar dan pembuatan Jalur Pedestrian Kandang Roda-Sentul Rp85,9 miliar.

Ia menyarankan agar Pemkab Bogor menggeser dana infrastruktur karena menurutnya hanya pekerjaan infrastruktur yang memiliki nilai besar dan untuk digeser. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep