25 radar bogor

Jabar Sisakan Kota Bogor Berstatus Zona Merah Covid-19

Ilustrasi Mutasi Corona
Ilustrasi Mutasi Corona
Ilustrasi Mutasi Corona
Ilustrasi Mutasi Corona

BOGOR-RADAR BOGOR, Jawa Barat hanya menyisakan Kota Bogor dengan status zona merah Covid-19. Sebelumnya ada delapan daerah yang masuk dalam zona merah di Jabar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Wali Kota Bogor, Bima Arya, tengah melakukan berbagai cara menekan penyebaran virus sehingga Bogor keluar dari zona merah Covid-19.

“Untuk Karawang yang sebelumnya selalu ada di zona merah sekarang sudah tidak lagi,” ujar Ridwan Kamilyang akrab disapa Emil dalam konferensi pers di Makodam III Siliwangi, Senin (8/2/2021).

Emil juga menyebut tingkat kedisplinan penggunaan masker di Jabar naik menjadi 85,4 persen. Sedangkan kedisiplinan masyarakat menjaga jarak ketika berada di luar rumah menjadi 83,8 persen. “Tingkat kepatuhan penggunaan masker paling baik ada di Kabupaten Bandung,” katanya.

Kemudian, kata dia, untuk kepatuhan jaga jarak Kabupaten Bandung pun masih paling baik. Sementara yang kurang patuh dalam menjaga jarak ada di Kabupaten Garut.

Berita baik lainnya, kata Emil, tingkat keterisian tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit Jabar sekarang tinggal 63 persen. Di mana sebelumnya tingkat keterisian sempat menyentuh angka 80 persen.

“Ini menandakan orang yang sakit Covid-19 secara nyata di Jabar itu menurun,” katanya.

Terkait data Kementerian Kesehatan yang dirilis, Emil mengklaim ada beberapa yang tidak tepat karena masih memakai data lama. Emil mencontohkan, beberapa hari kemarin ada rilis di mana penambahan kasus di Jabar per hari mencapai 3.000. Namun, 2.000-an kasus tersebut merupakan data lama yang baru dipublikasikan Kemenkes.

“Janji dari Kemenkes pertengahan Februari perbedaan data ini akan selesai, Sehingga yang dilaporkan adalah benar-benar kasus harian dari laboratorium,” katanya. (ran)

Editor : Rany P Sinaga
Sumber : Ayo Bandung