25 radar bogor

Fakultas Kehutanan UNB Lakukan Seminar Pembekalan Praktek Umum XXIX Sekaligus Penandatanganan Kerjasama

Seminar UNB

BOGOR-RADAR BOGOR, Fakultas Kehutanan UNB lakukan seminar pembekalan praktek umum XXIX bertemakan Pengelolaan Hutan Lestari, Senin (8/2/2021).

Seminar tersebut dijadikan UNB juga sekaligus momentum penandatangan kerjasama dengan 2 Lembaga Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka pelepasan dan pembekalan mahasiswa yang melaksanakan PU. Pada semester ganjil TA 2020/2021, sebanyak 55 orang mahasiswa mengikuti kegiatan PU yang ditempatkan di beberapa KPH, diantaranya KPH Bogor, KPH Banten, KPH Kuningan, KPH Bandung Utara, KPHP Muaro Jambi, KPHP Lalan Medis Sumatera Selatan, KPHP Muntai Palas Bangka Selatan, KPHP Bintan Tanjungpinang Kepri, dan KPHL Biak Numfor.

Ditengah pandemic Covid-19 yang belum mereda, Fakultas Kehutanan Universitas Nusa Bangsa (UNB), tetap berkomitmen untuk menjaga mutu pendidikan kehutanan, diantaranya dengan tetap menyelenggarakan kegiatan Praktek Umum (PU) mahasiswa, di berbagai lokasi mendekati wilayah tinggal mahasiswa.

Dalam setiap sambutan yang disampaikan, para Kepala Kesatuan Pemangkuan/Pengelolaan Hutan menyambut baik kehadiran mahasiswa peserta PU di lokasinya  dan siap membantu UNB untuk memperkuat wawasan mahasiswa, pengetahuan dan ketrampilan lapangan, khususnya dalam bidang perencanaan hutan, pembinaan hutan, teknologi hasil hutan, konservasi sumberdaya hutan dan perhutanan masyarakat.

Sementara penandatangan kerjasama dilakukan antara Fakultas Kehutanan UNB dengan 2 lembaga kehutanan, yaitu UPTD KPHL Unit XX Biak Numfor, Papua dan UPTD KPH Wilayah II Lalan Mendis, Sumatera Selatan.

Seluruh rangkaian kegiatan ini dibuka oleh Rektor UNB, Yunus Arifien dan dihadiri oleh Para Kepala KPH maupun KPHP tempat pelaksanaan PU, Para Wakil Rektor, Para mahasiswa peserta PU serta unsur civitas akademika lainnya.

Menurut Dekan Fakultas Kehutanan UNB, Luluk Setyaningsih, kerjasama dilakukan dalam rangka meningkatkan dan menjaga mutu pendidikan khususnya dalam bidang kehutanan.

Kerjasama meliputi bidang peningkatan pengembangan pendidikan melalui kegiatan magang, praktek lapang (PL), PU dan seminar bidang penelitian khususnya penelitian kehutanan, konservasi maupun pengelolaan hutan, bidang pengabdian melalui kegiatan penyuluhan maupun pendampingan masyarakat sekitar hutan.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dengan kerjasama ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak diantaranya saling memberikan informasi, pengetahuan dan teknologi dalam bidang kehutanan. (ran)

Editor : Rany P Sinaga
Sumber : UNB