25 radar bogor

Antisipasi Bencana, Danrem 061/Sk Pantau Bendungan Katulampa

Antisipasi Bencana, Danrem 061/Sk Pantau Bendungan Katulampa
Antisipasi Bencana, Danrem 061/Sk Pantau Bendungan Katulampa

BOGOR-RADAR BOGOR, Danrem 061/Sk Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P., M.M. didampingi Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf Robby Bulan., S.IP meninjau Bendungan Katulampa, Senin (8/1/21).

Dari pantauannya, kondisi Bendungan Katulampa yang terdeteksi sampai pukul 08.30 Wib berada pada status siaga III dengan ketinggian 110 Cm.

Setelah sebelunya pada pukul 04.00 WIB tinggi permukaan air berada di 50 cm akibat hujan dengan status normal atau siaga IV.

Saat ini bendungan Katulampa menjadi perhatian warga, khususnya warga DKI Jakarta, yang mana setiap memasuki bulan penghujan, air kiriman dari Bogor bisa berdampak pada wilayah Jakarta.

“Kami mendapat informasi dari pos penjagaan Bendung Katulampa yang menyebutkan bahwa ketinggian air Sungai Ciliwung di Katulampa menyentuh sampai angka 140 sentimeter pada pukul 19.00 WIB, Minggu kemarin. Yang itu artinya sentimeter atau berstatus siaga 3. Hujan yang turun terus menerus dari Minggu dinihari menyebabkan naiknya muka air di Bendung Katulampa l yang mana Katulampa merupakan kawasan hulu aliran Sungai Ciliwung,” ujar Danrem.

“Saya berharap muka air bisa segera turun, dan semoga bisa diatasi. Dan bagi warga masyarakat yang berada di dekat aliran sungai Ciliwung, untuk mengantisipasi meluapnya air sungai,” tambah Danrem.

Namun Ia berharap, banjir tidak menimpa sebagian wilayah dimanapun. Tapi, lanjutnya, ia ingin semua elemen lebih baik sedia payung sebelum hujan. Dikarenakan melihat cuaca yang belum stabil, bahkan lebih cenderung hujan turun terus menerus maka ke khawatiran pasti ada.

Maka Danrem terus tekankan bahwa warga harus selalu waspada, khususnya warga Depok dan DKI Jakarta. Pihaknya pun akan selalu memantau.

“Kepada petugas pos jaga saya minta untuk tetap standby melakukan pemantauan debit air. Dan juga saya sarankan agar petugas juga harus selalu waspada,” pungkas Danrem.

Saat melakukan pemantauan bendungan Katulampa, Danrem nampak serius mengamati bangunan bendungan dan area sekitarnya. Ia berharap bendungan Katulampa terus terjaga kebersihannya dan fisik bangunannya. (ran)

Editor : Rany P Sinaga