Beranda Metropolis Tangani Bencana Secara Humanis, Pemkot Bogor Rekrut Srikandi BPBD

Tangani Bencana Secara Humanis, Pemkot Bogor Rekrut Srikandi BPBD

Pemkot Bogor Rekrut Srikandi BPBD

BOGOR-RADAR BOGOR, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan berbagai upaya mengantisipasi bencana di Kota Bogor.

Salah satunya dengan merekrut relawan wanita atau srikandi BPBD dalam penanganan bencana agar lebih humanis.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Priyatnasyamsah mengatakan, para relawan dilatih untuk bisa menghadapi berbagai situasi dan kondisi bencana.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Keberadaam srikandi BPBD ini, kata dia, agar penanganan bencana lebih humanis.

“Berbagai upaya kami lakukan, mulai dari skema pencegahan hingga pelatihan para relawan agar lebih terlatih. Nah kami coba rekrut relawan perempuan, agar penanganan bencana lebih humanis,” katanya.

Priyatnasyamsah mencontohkan, ketika terjadi sebuah bencana dan mengharuskan evakuasi pada korban perempuan, tentu akan lebih nyaman ketimbang proses evakuasi oleh relawan laki-laki pada umumnya.

“Dengan adanya relawan wanita, proses penanganan bencana akan lebih efektif juga karena ada rasa nyaman ketika korban wanita misalnya, dibantu oleh wanita pula,” tandasnya.

Priyatna pun mengakui bahwa relawan wanita tidak kalah kemampuan dengan relawan laki-laki pada umumnya. Apalagi dengan bekal yang diberikan oleh BPBD, kemampuan penanganan para relawan diharapkan lebih punya manfaat.

“Diharapkan dengan inovasi ini, kami bisa memberikan kinerja yang baik sesuai harapan,” tegas Priyatna.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor Akhmad Saeful Bakhri mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemkot Bogor melalui BPBD Kota Bogor. Dengan relawan perempuan, penanganan bencana dapat lebih humanis.

SB-sapaanya berharap dengan keberadaan srikandi BPBD dapat menambah peningkatan kinerja bagi BPBD Kota Bogor dalam penanganan bencana. Meski disisi lain, para relawan tidak mendapat honor yang cukup memadai.

Meski demikian, hanya Karena panggilan jiwa dan rasa sosial yang membuat mereka bergabung

Sehingga, pihaknya berharap ada perbaikan pos anggaran pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk biaya para relawan BPBD.

“Kita akan dorong supaya ada penganggaran lebih baik untuk para relawan BPBD ini,” tukasnya. (ded)

Reporter : Dede
Editor : Rany P Sinaga