Beranda Berita Utama Viral Presiden Jokowi Umumkan Jakarta Bakal Lockdown, Begini Penjelasan Polri

Viral Presiden Jokowi Umumkan Jakarta Bakal Lockdown, Begini Penjelasan Polri

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Viral sebuah pesan pendek di media sosial yang menyebut jika pada 12 Februari 2021 mendatang akan diterapkan karantina atau lockdown di DKI Jakarta. Hal itu didapat setelah diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono memastikan bahwa informasi tersebut hanya kabar bohong alias hoax. Sejauh ini, pemerintah belum mengeluarkan kebijakan lockdown di wilayah mana pun.

“Tadi dapat informasi dari Kemenkes bahwa broadcast ini adalah tidak benar. Broadcast ini adalah salah,” kata Argo kepada wartawan, Sabtu (6/2).

Argo memuturkan, kabar bohong semacam ini bisa berdampak negatif kepada masyarakat yang tidak mengetahui kebenaran informasinya. Jika tidak ditanggulangi dengan cepat, maka bisa terjadi kegaduhan publik.

“Memang kontennya biasa saja tapi isinya bisa bersifat menghasut, membuat fitnah dan kemudian hoax itu akan menyasar emosi masyarakat dan kemudian menimbulkan opini negatif yang mengakibatkan kegaduhan di masyarakat dan diintegrasi bangsa. Ini dampaknya dari hoax, ini sangat dikhawatirkan,” jelas Argo.

Berikut isi pesan berantai yang menyebut Jokowi mengumumkan lockdown di Jakarta:

Perhatian sudah lihat atau nonton tv belum? Baru saja diumumkan oleh Jokowi bahwa mulai tanggal 12 Februari 2021 hari Jumat jam 20.00 malam sampai 15 hari, Senin pagi jam 05.00, Jakarta lockdown total tidak boleh keluar rumah sama sekali, toko semua restoran tutup, semua harus diam di rumah harus sedia bahan makanan untuk makan, untuk masak di rumah dan jangan keluar rumah karena akan ditangkap langsung di swab, didenda besar sekali. Stay at home.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin