25 radar bogor

Bangunan Ponpes Raudlatul Ulum Hangus Terbakar, Diduga Ini Penyebabnya

bangunan pondok pesantren (Ponpes) Raudlatul Ulum di Kampung Cibuntu Kaum, Desa Cibuntu, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, hangus terbakar dilalap si jago merah, Jumat (5/2/2021) malam. Jaenal/Radar Bogor
Bangunan Ponpes Raudlatul Ulum di Kampung Cibuntu Kaum, Desa Cibuntu, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, hangus terbakar, Jumat (5/2/2021) malam. Jaenal/Radar Bogor

CIAMPEA-RADAR BOGOR, Akibat konseling listrik sebuah bangunan pondok pesantren (Ponpes) Raudlatul Ulum di Kampung Cibuntu Kaum, Desa Cibuntu, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, hangus terbakar dilalap si jago merah. Kejadian berawal dari kamar depan dan merambat ke ruangan lain.

“Awalnya santri lagi ke wilayah lain, sementara pondok kosong, dikamar depan pertama dikunci dari disitu listrik konslet dan merambat ke ruangan lain,” kata Pimpinan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Abdul Muis kepada wartawan ketika ditemui di tempat kejadian.

Ia mengaku, awalnya dikamar depan lalu merambat ke bagian atas. Dan posisi pondok sedang sepi santri karena berada di tempat lain. “Kebakaran terjadi pukul 20.30 dan pada waktu kejadian sementara santri hanya ada tiga orang saja, sebagian sedang mengaji,” cetusnya.

Senada dikatakan, Kepala Desa Cibuntu Ahmad Yani mengaku, bahwa kebakaran akibat ada arus pendek, dan api muncul dikamar depan menurut keterangan warga sebelah. “Jadi api cepat merambat karena memang alas lantai terbuat dari papan kayu,” tuturnya.

Ia menuturkan, dalam kejadian tidak ada korban jiwa. Karena, posisi pondok sedang sepi, dan ini semua bangunan hangus terbakar. “Memang posisi pondok sepi, dan semua area habis terbakar. Pondok ini hanya dihuni santri laki-laki saja, tapi ketika pengajian ada perempuan hanya mereka tidak tinggal disini,” pungkasnya.(nal)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Alpin