25 radar bogor

Polisi Kantongi Identitas Perusahaan Pembuang Limbah Medis di Tenjo dan Cigudeg

Muspika Tenjo beserta tim kesehatan menemukan tumpukan limbah medis berceceran di tepi Jalan Raya Tenjo, Kampung Leuweng Gede, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor.
Muspika Tenjo beserta tim kesehatan menemukan tumpukan limbah medis berceceran di tepi Jalan Raya Tenjo, Kampung Leuweng Gede, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Polres Bogor tengah mengumpulkan sejumlah bukti untuk menguatkan kasus temuan belasan karung sampah limbah medis bekas berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Kecamatan Tenjo, dan Kecamatan Cugudeg, Kabupaten Bogor.

Kapolres Bogor, AKBP Harun mengatakan, saat ini temuan limbah masih dalam penyelidikan, tetapi penyidik sudah melakukan pemeriksaan kepada beberapa orang terkait kasus tersebut.

“Yang kita periksa statusnya saksi, tetapi melihat langsung siapa pelaku yang membuang sampah limbah medis,” ujar Harun kepada Radar Bogor, Jumat (5/2/2021).

Harus menyebut, dari hasil penyelidikan sementara ini pelaku yang membuang limbah yang tergolong bahan berbahaya dan beracun (B3) mengarah pada intansi atau perusahaan. “Hanya belum bisa diekspose dan masih mengumpulkan alat bukti, jika sudah cukup bukti nanti kita sampaikan,” katanya.

Harun memastikan intansi atau perusahaan yang sudah membuang limbah medis itu berasal dari luar Kabupaten Bogor. Tetapi saat dipastikan berasal dari Kota Tangerang, Harun hanya tersenyum.

Menurutnya, proses pengolahan limbah medis itu memiliki penanganan khusus yang dilakukan oleh pihak ketiga dengan memiliki sertifikasi pengolahan limbah B3. Sehingga ketika proses pengolahan limbah medis dilakukan tak sesuai dengan prosedur maka masuk dalam tindakan pidana.

“Kita masih mengrah ke sana. Intinya kita sudah mengantongi perusahaan tersebut dan ini dalam tahap penyelidikan untuk lebih mengarah dan memastikan perusahaan tersebut,” tukasnya.(ded)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Alpin