25 radar bogor

Lantik 88 Kades Terpilih, Ade Yasin Minta Program Satu Miliar Satu Desa Dikawal dengan Baik 

Lantik-Kades
Sejumlah kepala desa dilantik bupati bogor, ade yasin di lapangan tegar beriman. Jumat (5/2/2021). HENDI/RADAR BOGOR
Lantik-Kades
Sejumlah kepala desa dilantik bupati bogor, ade yasin di lapangan tegar beriman. Jumat (5/2/2021). HENDI/RADAR BOGOR

CIBINONG-RADAR BOGOR, Bupati Bogor, Ade Yasin meminta agar kepala desa (kades) terpilih melaksanakan pekerjaan dan menjalankan amanah dengan baik.

Ade Yasin Lantik 88 Kades Terpilih di Tengah Lapangan Tegar Beriman

Salah satunya, pelaksanaan program satu milyar satu desa (samisade) pada tahun 2021.

Ade meminta program tersebut dapat betul-betul dikawal dan direncanakan dengan baik agar realisasinya tepat sasaran, berhasil guna dan bermanfaat bagi masyarakat dengan pengelolaan keuangan, yang professional, dan transparan.

Ade Yasin memastikan bakal mengawal pelaksanaan program tersebut, dan akan mengerahkan tim yang dipimpin masing-masing kecamatan baik dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pelaporan. “Ada tim yang memantau nanti,” ujarnya.

Pemkab Bogor juga bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor untuk mencegah adanya penyalah gunaan anggaran.

“Kita sudah bermitra kan (kejaksaan,red). Di tingkat kabupaten sama aparat, dan ke bawahnya oleh tim kecamatan. Sehingga tidak ada lagi kekeliuran,” ucap Ade.

Ade mengatakan, program Samisade merupakan wujud komitmen pemerintah Kabupaten Bogor untuk mendorong desa membangun.

Menurutnya, desa merupakan pengungkit kebangkitan Kabupaten Bogor karena sebagian besar kekayaan Kabupaten Bogor sesungguhnya berada di 416 desa yang tersebar di 40 kecamatan Kabupaten Bogor.

“Kami menyadari program Samisade dengan Rp1 miliar itu sangat kecil, sekalipun ditambah dana desa pemerintah pusat juga tetap masih terlalu kecil,” kata Ade.

Karena itu, selain program Samisade, Pemkab Bogor mulai tahun 2021 mengarahkan program kegiatan pembangunan ke desa, antara lain berupa program beasiswa, pemasangan wifi gratis, bantuan bibit pertanian, perikanan, lumbung dan lain sebagainya.

Untuk diketahui, dari total 416 desa di kabupaten Bogor, pada awal 2018 terdapat 45 desa yang tertinggal.

Sedangkan pada tahun 2020, Pemkab Bogor berhasil mengentaskan 41 desa dari tertinggal menjadi berkembang, sehingga saat ini, terdapat 29 desa mandiri; 131 desa maju; 252 desa berkembang, dan tersisa 4 desa yang tertinggal.

Sejalan dengan tagline sdg’s : no one left behind, diharapkan pada tahun 2021 Pemkab Bogor dapat berupaya bersama mengentaskan 4 desa tertinggal menjadi berkembang, sehingga di kabupaten Bogor tidak ada lagi desa tertinggal.

Sebelumnya, ada pemandangan yang tidak biasa saat 88 Kades terpilih di Kabupaten Bogor dilantik. Jika biasanya pelantikan kades terpilih dilakukan di dalam gedung Tegar Beriman, di tengah pandemi Covid-19 ke 88 Kades tersebut dilantik di Lapangan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Pelantikan sumpah jabatan dilakukan dengan memberikan jarak antar satu dengan yang lainnya, sedangkan untuk sesi foto, bupati bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor dilakukan satu persatu dengan cara berjarak. (ded)

Reporter : Dede
Editor : Yosep