Beranda Bogor Raya Ade Yasin Lantik 88 Kades Terpilih di Tengah Lapangan Tegar Beriman

Ade Yasin Lantik 88 Kades Terpilih di Tengah Lapangan Tegar Beriman

pelantikan-kades
Sejumlah kepala desa dilantik bupati bogor, ade yasin di lapangan tegar beriman. Jumat (5/2/2021). HENDI/RADAR BOGOR

CIBINONG-RADAR BOGOR, Ada pemandangan yang tidak biasa saat 88 kepala desa (Kades) terpilih di Kabupaten Bogor dilantik.

Jika biasanya pelantikan kades terpilih dilakukan di dalam gedung Tegar Beriman, di tengah pandemi Covid-19 ke 88 Kades tersebut dilantik di Lapangan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Pelantikan sumpah jabatan dilakukan dengan memberikan jarak antar satu dengan yang lainnya, sedangkan untuk sesi foto, bupati bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor dilakukan satu persatu dengan cara berjarak.

universitas ibn khaldun bogor uika

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, sumpah jabatan kepada Kades sengaja dilakukan di Lapangan Tegar Beriman selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Selain itu, Kades terpilih juga dilakukan di bawah sinar matahari langsung tidak di gedung. “Protokol kesehatan tetap berjalan,” ujar Ade usai pelantikan Kades terpilih, Jumat (5/2/2021).

Ade meminta Kades terpilih agar melakukan adaptasi dan segera bekerja dan berlari di tengah pandemi Covid-19.

Politisi PPP itu mengakui selama pandemi Covid-19, banyak mengalami hambatan dalam berbagai hal. “Tapi yang jelas mereka juga harus peka terhadap kondisi seperti ini,” katanya.

Kemudian, Ade juga meminta agar Kades terpilih menjaga kondusifitas wilayah dan bekerja semaksimal mungkin dalam pengendalian penularan virus corona. Terlebih, saat ini pemerintah tengah menerapkan PPKM mikro.

“Jadi setiap desa, RT/RW diwajibkan lagi untuk menjaga wilayahnya masing-masing dari orang luar. Dan mereka harus aktif dalam menangani orang yang terkonfirmasi positif tetapi tak memiliki gejala,” katanya.

Pilkades Serentak 2020 ini diikuti 88 desa yang tersebar di 34 kecamatan. Sejauh ini, DPMD telah menyiapkan 667 TPS dengan jumlah pemilih sekitar 737 ribu orang.(ded)

Reporter : Dede
Editor : Yosep