Beranda Bogor Raya Soal Pelaku Limbah Medis di Cigudeg, Kapolres Mengaku Sudah Memeriksa Beberapa Saksi

Soal Pelaku Limbah Medis di Cigudeg, Kapolres Mengaku Sudah Memeriksa Beberapa Saksi

Kapolres-Bogor
Kapolres Bogor AKBP Harun di Mapolres Bogor, Kamis (4/2/2021). ARIFAL/RADAR BOGOR

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sepi dan lebatnya pohon kelapa sawit di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, menjadi lokasi ideal pelaku membuang sampah limbah medis.

Ya, sebuah kantong sampah berwarna kuning, berisi lipatan APD bekas pakai itu terlihat samar-samar dari kejauhan.

Ditambah sampah yang tak berbau itu tak menambah curiga pengendara yang melintas. Tidak seperti tumpukan sampah rumah tangga, yang sudah tercium tak sedap dari kejauhan.

Sebagian warga dan pengendara yang melintas mengira plastik berisi pupuk atau rumput pakan ternak.

Namun jumlahnya yang banyak, membuat tumpukan kantong plastik seukuran karung beras 25 kilogram itu membuat penasaran warga.

Yanto misalnya. Warga Cigudeg itu mengangap tumpukan karung itu hanya pupuk. Sebelum ramai-ramai tau isinya adalah limbah medis alias baju hazmat.

“Iya, baru tau isinya limbah medis dari mulut ke mulut. Awalnya saya kira pupuk,” katanya kepada radarbogor.id Kamis (4/2/2021).

Yanto mengaku jumlahnya cukup banyak. Dari pengamatanya lebih dari sepuluh kantong plastik. “Iya lebih dari sepuluh kantong plastik besar itu,” tuturnya.

Temuan sampah limbah medis itupun kini didalami Polres Bogor. Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, perkara limbah medis masih dalam penyelidikan.

“Kita sudah melakukan penyelidikan, sudah memeriksa beberapa saksi,” katanya saat ditemui radarbogor.id di Polres Bogor, Kamis (4/2/2021).

Kapolres AKBP Harun mengungkapkan saat ini Polres Bogor tengah menyelidiki perusahan yang menangani limbah medis. Mengingat pengelolaan limbah medis dilakukan oleh pihak ketiga.

“Kemudian kita kembangkan ke perusahaan yang mengelola limbah ini. Kita sudah arah ke sana, kita tidak sampaikan lebih dulu karena masih dalam tahap penyelidikan untuk mengungkap perusahaan mana atau siapa yang melakukan pembuangan sampah medis tersebut,” tukasnya.(all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep