Beranda Metropolis PKK Kota Bogor Bantu Sebar 6.488 KIA ke Enam Kecamatan

PKK Kota Bogor Bantu Sebar 6.488 KIA ke Enam Kecamatan

PKK-Kota-Bogor
Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Adrian bersama anggotanya pada acara penyerahan KIA di Kantor Kecamatan Bogor Tengah, Kamis (4/2/2021).

BOGOR – RADAR BOGOR, Visi Kota Bogor sebagai kota ramah keluarga dan layak anak terus digalakkan. Salah satu bentuknya, adalah dengan program Kartu Identitas Anak (KIA). Kamis (4/2/2021), sebanyak 6.488 KIA dibagikan serentak ke enam kecamatan se-Kota Bogor.

Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Adrian menjelaskan, KIA ini memberikan banyak manfaat. Seperti misalnya pemberian perlindungan kepada anak.

“Makanya hari ini (4/2/2021), kita bekerjasana dengan Disdukcapil untuk menyerahkan ke TP PKK di kecamatan untuk ditindak lanjuti,” kata Yane saat simbolis penyerahan KIA di Kantor Kecamatan Bogor Tengah, Kamis (4/2/2021).

Yane menginformasikan, bahwa KIA tak jauh berbeda dengan KTP yang diwajibkan untuk warga diatas usia 17 tahun. Hanya memang ada pembatasan usia pada program KIA ini sendiri.

“Umurnya 0 sampai 5 tahun, dan 5 tahun sampai 17 tahun sebelum mereka mendapat KTP. Nah harapan kita, selain untuk perlindungan secara umum namun juga bisa mendapatkan fasilitas publik lainnya,” beber Yane lagi.

Sehingga, kata Yane, kedepan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bisa bekerjasama dengan pihak swasta untuk memberikan fasilitas kepada anak – anak di Kota Bogor. Baik dari segi fasilitas kesehatan maupun pendidikan.

“Pada intinya, KIA ini akan memberikan fasilitas pelayanan publik yang baik. Program KIA ini juga akan terus kontinyu. Dari mulai tingkat SPS (sekolah Paud sejenis), TK dan RA bahkan nanti berlanjut sampai SMP,” tukas Yane.

Menambahkan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor, Sudjatmiko mengatakan, dari 6.488 KIA yang akan didistribusikan itu, dibagi masing – masing ke enam kecamatan.

“Di Bogor Selatan ada 1.275 KIA yang dibagikan, Bogor Timur 672 kartu, Bogor Tengah 490 kartu, Bogor Utara 1.234 kartu, Bogor Barat sebanyaj 1.424 kartu, dan Tanah Sareal sebanyak 1.393 kartu,” kata Sudjatmiko. (dka)

Reporter : Andika
Editor : Yosep