25 radar bogor

Hujan Seharian, Rumah Warga di Bogor Barat dan Tanah Sareal Rusak Kena Longsoran

Longsor
Longsor yang menyeret banyak rumpun bambu di Kelurahan Gunung Batu, Bogor Barat, Rabu (3/2/2021)
Longsor
Longsor yang menyeret banyak rumpun bambu di Kelurahan Gunung Batu, Bogor Barat, Rabu (3/2/2021)

BOGOR – RADAR BOGOR, Hujan deras yang mengguyur Kota Bogor dalam beberapa hari terakhir menyebabkan longsor di beberapa lokasi, Rabu (3/2/2021).

Longsor terjadi di Kecamatan Bogor Barat dan Tanah Sareal. Sejumlah bangunan rumah warga rusak, karena tertimbun material longsoran.

Salah seorang korban, Cukarsih mengakui, longsor menimpa dinding, atap dapur serta kamar mandi rumahnya di Kampung Muara Gg. Waspada RT 02/RW 08 Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat.

Kejadian yang berlangsung pada waktu subuh itu, tak disangka-sangkanya. Hujan mengakibatkan tanah yang labil di belakang rumahnya bergeser dan runtuh.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, juga telah menurunkan timnya untuk langsung mengecek lokasi tersebut. Bantuan berupa terpal juga diserahkan Tim Reaksi Cepat (TRC). Longsoran di belakang rumah Cukarsih itu sepanjang enam meter dengan ketinggian tiga meter.

Longsor lainnya terjadi di Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat. Longsor yang menyeret banyak rumpun bambu itu sempat membuat panik warga sekitar. Satu musala dan MCK milik warga tertimbun rumpun bambu yang terkena longsoran itu.

Kejadian tersebut juga langsung direspon Camat Bogor Barat, Juniarti Estiningsih yang meninjau langsung lokasi longsor yang dipenuhi rumpun bambu itu. Pembersihan lokasi longsor itu dibantu oleh aparat TNI dan warga setempat. Tak ada kerusakan parah dalam kejadian itu.

“Seperti yang dirasakan kemarin, hujan terus turun di wilayah Bogor Barat, daerah yang mayoritas dataran tinggi dan memiliki wilayah tebing curam sangat rawan terjadi longsor,” sebut Juniarti.

Kepala BPBD Kota Bogor, Priyatnasyamsah menambahkan, kejadian longsor lainnya terjadi di Kampung Bubulak Santri RT 01/RW 04 Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal.

Longsor yang terjadi di samping rumah warga itu mengancam rumah lainnya. Ketinggian longsoran mencapai enam meter. Oleh karena itu, ia tetap mengimbau agar masyarakat terus waspada selama musim hujan ini.

“Tanah longsor sering terjadi karena hujan dengan intensitas sedang maupun tinggi yang mengguyur wilayah tersebut. Hal itu juga dipengaruhi dengan kondisi tanah yang labil,” pungkasnya. (mam/c)

Reporter : Imam Rahmanto
Editor : Yosep