Beranda Pendidikan Dukung Pengembangan Teknologi di Bidang Pangan, RNI Beri Penghargaan Siswa dari Bogor,...

Dukung Pengembangan Teknologi di Bidang Pangan, RNI Beri Penghargaan Siswa dari Bogor, Penggagas Sistem Pintar Robotic bagi Peternakan Ayam

RNI Beri Penghargaan siswa dari Bogor, Penggagas Sistem Pintar Robotic bagi Peternakan Ayam

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebagai bentuk kontribusi dan dukungan BUMN Klaster Pangan terhadap pengembangan teknologi dalam bidang pertanian dan peternakan yang dilakukan oleh talenta-talenta muda di Indonesia, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) sebagai Koordinator BUMN Klaster Pangan memberikan dukungan kepada siswa berprestasi yang sukses mengembangkan prototipe sistem pintar untuk ketahanan pangan di bidang peternakan dengan nama Chicken Robo Farm (Chirofarm).

Dukungan berupa dua unit laptop tersebut diserahkan oleh Direktur Keuangan RNI Pramusti Indrascaryo kepada, Muhammad Banyu Baskoro (12) dan Nyoman Satria Naradhipa (11), Rabu, 3 Februari 2021, di Waskita Rajawali Tower, Jakarta.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Direktur Manajemen Aset RNI Endang Suraningsih, VP Sekretaris Korporasi Emmi Mintarsih dan Sekretaris Perusahaan PT Berdikari (Persero) Dhenny Kamavina.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Menurut Pramusti, dukungan ini merupakan bentuk apresiasi RNI bagi generasi penerus yang memiliki inovasi dan kepedulian terhadap pengembangan pangan nasional.

“Apa yang telah dibuat oleh Banyu dan Dhipa merupakan hal yang sangat membanggakan dan pantas mendapat apresiasi serta perhatian lebih, mengingat prototipe Chirofarm yang mereka kembangkan berpotensi mendukung peningkatan produktivitas industri peternakan ayam di Indonesia,” ujarnya.

Chirofarm sendiri merupakan sistem pintar untuk ketahanan pangan di bidang peternakan ayam yang mendukung operasionalisasi aktivitas di kandang ayam pedaging.

Chirofarm terdiri dari 5 sistem otomatis, yaitu robot pemeliharaan alas kandang, instalasi pakan ayam otomatis, instalasi air minum ayam otomatis, sistem pengangkatan instalasi pakan dan air minum ayam, dan sistem pengaturan suhu kandang otomatis.

Secara umum Chirofarm dapat membantu dan mempermudah pekerjaan karyawan yang bertanggungjawab di kandang ayam.

Sehingga semua pekerjaan yang harus dilakukan di kandang akan terlaksana dengan baik dan tepat waktu. Sehingga hasil panen akan maksimal dan tersedia cukup sumber protein untuk bahan pangan. (*/pem)

Editor : Rany P Sinaga