Beranda Metropolis Batasi Mobilitas Warga, Kota Bogor Terapkan Ganjil-Genap Akhir Pekan

Batasi Mobilitas Warga, Kota Bogor Terapkan Ganjil-Genap Akhir Pekan

Suasana lalu lintas menuju Kota Bogor dari arah tol beberapa waktu lalu.

BOGOR – RADAR BOGOR, Kota Bogor akan memberlakukan sistem ganjil genap pada akhir pekan ini. Kebijakan itu berlaku tak hanya bagi warga dari luar Kota Bogor, melainkan juga bagi warga dalam kota.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, sistem ganjil genap itu prinsipnya untuk mengurangi setengah mobilitas kendaraan dan orang di Kota Bogor.

“Sehingga kami harap masyarakat mendukung, karena semua ini demi masyarakat untuk tidak keluar rumah. Apabila memang menggunakan kendaraan tidak sesuai dengan harinya,” tegas Susatyo dalam konferensi pers bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya di kompleks Duta Kencana, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kamis (4/2/2021).

Namun, ada pengecualian terhadap kebijakan itu. Seperti kendaraan rumah sakit, pelayanan sosial, hingga pengangkut logistik.

“Namun jika roda dua atau empat tidak sesuai ganjil genap, kami akan lakukan putar balik arah,” tegasnya lagi.

Kebijakan ini, kata Susatyo, berlaku untuk semua ruas jalan. Begitupun dengan pengawasannga lewat pos terpadu arah masuk ke Kota Bogor.

Bahkan, kata dia, pihak kepolisian akan mengingatkan warga sejak keluar rumah. “Dengan harapan, kasus covid bisa menurun,” tukas Susatyo.

Besok Jumat (5/2/2021), kepolisian dan Pemkot Bogor akan melakukan sosialisasi. Sehingga pada Sabtu dan Minggu kebijakan itu bisa langsung terlaksana.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menambahkan, memang kebijakan ganjil genap ini perlu pengawasan dan konsentrasi yang luar biasa. Karena, Kota Bogor tak mungkin dilakukan lockdown total. (dka)

Reporter : Andika
Editor : Yosep