25 radar bogor

Education Trip ‘Road to Gua Agung Garunggang’, Kenalkan Lingkungan Goa dan Konservasinya

Education-trip2
Peserta antusias mengikuti education trip 'Road to Gua Agung Garunggang', di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Sabtu (30/1/2021).
Education-trip2
Peserta antusias mengikuti education trip ‘Road to Gua Agung Garunggang’, di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Sabtu (30/1/2021).

BOGOR-RADAR BOGOR, Dalam upaya mengenalkan lingkungan gua dan konservasinya terhadap kelestarian alam, komunitas gmelina.co mengadakan education trip ‘Road to Gua Agung Garunggang’, di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Sabtu (30/1/2021).

Kegiatan ini diikuti sembilan orang peserta yang terdiri dari lima anak-anak dan empat dewasa, serta dua fasilitator. Kegiatan berjalan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB (waktu kondisional mengikuti kondisi medan dan cuaca).

Terselenggaranya kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak agar mengetahui lingkungan gua, ornamen, biota dalam gua dan cara pelestariannya.

Education-trip1
Peserta foto bersama dua fasilitator Asep dan Alfian.

Peserta diajak untuk sharing tentang materi dan prosedur dasar penelusuran gua, sebelum terjun masuk ke dalam Gua Agung Garunggang.

Setelah itu peserta diajak untuk refleksi diskusi dan evaluasi, tentang apa saja yang mereka dapat dan memperhatikan potensi bahaya terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Para peserta sangat antusias untuk diajak berkontribusi seperti komunikasi dua arah (tanya jawab) dan saling memberikan masukan positif yang bersifat membangun.

Education-trip4
Peserta saat berada dalam Goa Agung Garunggang.

Diakhir kegiatan, dalam perjalanan menuju pulang peserta diajak ikut serta melakukan operasi bersih sepanjang perjalanan yang dilewati, mengajak mereka untuk menanamkan rasa tanggung jawab terhadap kerbersihan lingkungan.

“Terimakasih gmelina.co untuk kegiatannya, saya mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru tentang alam. Sukses terus gmelina.co untuk mengedukasi tentang pentingnya pelestarian alam. Ditunggu trip selanjutnya,” ungkap Rahma salah satu peserta.

Asep dan Alfian selaku fasilitator menyampaikan terimakasih kepada peserta dan para pihak yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

Education-trip5
Dua fasilitator Asep dan Alfian saat memberikan pengarahan.

“Kami berharap semakin banyak lagi orang yang sadar akan pentingnya pelestarian alam, dan turut terlibat untuk mengkampanyekan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Salam lestari…Konservasi harga mati..!!!,” tutur Asep. (*/ysp)

Editor : Yosep