25 radar bogor

Pelanggar PPKM di Kota Bogor Masih Tinggi, Polresta Bagi – Bagi Masker Gratis

polresta
Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat membagi-bagikan masker disejumlah titik keramaian di Kota Bogor, Senin (1/2/2021).
polresta
Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat membagi-bagikan masker disejumlah titik keramaian di Kota Bogor, Senin (1/2/2021).

BOGOR – RADAR BOGOR, Jumlah pelanggar protokol kesehatan (prokes) di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Bogor cukup tinggi saat ini.

Atas dasar itu, jajaran Polresta Bogor Kota membagikan sebanyak 5.000 buah masker di titik – titik kerumunan seperti di Pasar Bogor, Senin (1/2/2021).

Pembagian ribuan masker itu dilakukan serentak di enam titik kecamatan Kota Bogor.

“Pembagian dilakukan khususnya di pusat keramaian, seperti pasar tradisional atau lokasi terminal, juga stasiun,” beber Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro pada wartawan.

Memang Susatyo mengakui, dalam masa PPKM tahap pertama ada tren peningkatan ketidakpatuhan masyarakat dalam melakukan protokol kesehatan.

“Selama PPKM pertama ada tren meningkat. Ada 20 pemilik usaha kami lakukan penindakan. Untuk jumlah pelanggaran, kami tindak sekitar 1.000 pelanggar,” sambungnya.

Lebih lanjut, kata dia, berdasarkan pemantauan kondisi di lapangan. Sebagian besar, pelanggar yang terjaring lantaran banyak orang menggunakan masker, hanya saja tidak sesuai ketentuan.

“Menggunakan masker seadanya, tidak sesuai ketentuan ada yang didagu, ada yang dilepas dan sebagainya,” katanya.

Bahkan saat sidak ke Pasar Bogor, masih ditemui sejumlah pedagang di pasar tradisional tidak menggunakan plastik penyekat antara pembeli dan pedagang.

Dibagian lain, angka kasus akumulatif di Kota Bogor pada Minggu (31/2/2021) mencapai 8.469 kasus, dengan rincian 6.646 kasus pasien positif sembuh, sebanyak 1.666 pasien positif masih dirawat, dan 157 kasus pasien positif meninggal dunia. (dka)

Reporter : Andika
Editor : Yosep