25 radar bogor

Sambangi Kabupaten Bogor, Dirjen Kemensos Kagum dengan Keberhasilan Karang Taruna Nanggewer

Kemensos
Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto menyambangi lokasi usaha Ekonomi Produktif (UEP) milik Karang Taruna di Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.
Kemensos
Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto menyambangi lokasi usaha Ekonomi Produktif (UEP) milik Karang Taruna di Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto menyambangi lokasi usaha Ekonomi Produktif (UEP) milik Karang Taruna di Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Dalam kunjungannya, Edi-sapaanya- sangat mengapresiasi keberhasilan Kemensos dalam memperkuat pemberdayaan terhadap pemuda dan masyarakat melalui Karang Taruna tersebut.

“Kita melihat dan mengapresiasi keberhasilan Karang Taruna ini. Mudah-mudahan ke depan bisa semakin berkembang. Sesuai dengan harapan Ibu Menteri Sosial yang memiliki perhatian besar terhadap aspek pemberdayaan,” ucap Edi Suharto.

Di lokasi, Edi Suharto juga melihat langsung proses budidaya yang tengah dikembangkan. Selain itu, Edi juga melakukan diskusi dengan pengurus Karang Taruna, mulai dari bagaimana modal awal pembentukan, tahapan budidaya, potensi pasar, nilai jual di pasaran, penjualan hasil budidaya, omset, pengelolaan keuangan, serta kendala yang dialami dalam pengembangan usaha.

Edi juga menjelaskan, Karang Taruna Kelurahan Nanggewer telah mengembangkan beragam UEP berbasis pemuda dan masyarakat sekitar, diantaranya budidaya lele kolam bioflok, kolam persegi dan ember.

Kemudian, ayam kampung dan ayam hias, burung dara, ikan cupang, budidaya buah dan sayuran, edukasi wisata kebun sayur mayur, serta makanan olahan dan budidaya Ledamber (Lele Dalam Ember).

“Selain bidang peternakan dan perkebunan, Karang Taruna Nanggewer juga mengadakan latihan dasar kepemimpinan dan pelatihan beladiri bagi pemuda sekitar,” katanya.

Lebih jauh ia mengatakan, pada November 2020, Karang Taruna Kelurahan Nanggewer berhasil memperoleh bantuan UEP budidaya ikan lele melalui Hibah Dalam Negeri (HDN) Kemensos sebesar Rp49,6 juta. Bantuan ini digunakan untuk pembuatan kolam bioflok dan lele dalam ember.

“Dengan berbagai kegiatan usaha kesejahteraan sosial binaan Karang Taruna Kelurahan Nanggewer, kini semakin banyak pemuda dan masyarakat sekitar yang tertarik membentuk Kelompok Tani (Poktan) bidang perikanan dan perkebunan,” ungkapnya.

Ia berharap, melalui pemberdayaan potensi pemuda dan masyarakat sekitar, diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan kreatifitas berwirausaha serta meningkatkan kemandirian menuju masyarakat yang lebih sejahtera.(ded)