25 radar bogor

Lelang Pedestrian Kandang Roda-Sentul Awal 2021, Dishub Siapkan Rp12 Miliar Bangun PJU 

Ilustrasi jual beli proyek
Ilustrasi jual beli proyek
Ilustrasi Lelang
Ilustrasi Lelang

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memastikan pembangunan pedestrian Jalan Raya Kandang Roda-Sentul, hingga sepanjang Jalan Raya Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, dipastikan dimulai awal 2021.

Tak hanya dari sisi infrastruktur jalannya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor tengah menyiapkan Penerangan Jalan Umum (PJU) sebagai pelengkap keberadaan tugu “Selamat Datang” di simpang Sirkuit Sentul hingga di sepanjang pedestrian mulai dari Jalan Raya Kandang Roda-Sentul Jalan Raya Tegar Beriman.

Sebagai penambah nilai estetika atau keindahan lingkungan jalan, Dishub juga menyiapkan PJU ikonik di tahun ini.

Kepala Dishub Kabupaten Bogor, Ade Yana Mulyana mengatakan, saat ini rencana pemilihan disain PJU Ikonik masih dalam pematangan.

Karena, sebelumnya Pemkab Bogor memilih logo Piala Dunia U-20 2021 Indonesia yang bernuansa segitiga yang terinspirasi dari bentuk tugu Golong Gilig di Yogyakarta.

Saat itu, Pemkab Bogor sempat menjadi opsi untuk penggunaan Stadion Pakansari menjadi salah satu venue tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Rencana pembenahan infrastruktur pun sempat masuk dalam perencanaan pembangunan pada tahun 2020. Namun, induk organisasi sepak bola dunia, FIFA mengumumkan pembatalan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia akibat pandemi Covid-19 dan juga membatalkan Piala Dunia U-17 yang dijadwalkan digelar di Peru.

Seperti diketahui, tahun ini Pemkab Bogor menyiapkan anggaran daerah senilai Rp300,647 miliar untuk menata infrastruktur dan aksesibilitas mulai dari pintu keluar Tol Sentul, hingga sekitaran Stadion Pakansari.

Anggaran yang dipecah menjadi berbagai proyek itu tersebar di tiga satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Bogor, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), serta Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP).

Namun, belakangan anggaran tersebut direfocusing dan sebagian besar dimanfaatkan untuk penanganan Covid-19.

“Berdasarkan laporan PPK ada perubahan symbol, awalnya akan menggunakan simbol piala dunia, kemungkinan dibatalkan dan diganti dengan disain yang baru. Sedang dalam tahap pengajuan kepada bupati,” ujar Ade Yana kepada Radar Bogor, (31/01/2021).

Dishub Kabupaten Bogor menyiapkan anggaran Rp12 miliar untuk pembangunan PJU ikonik dan rambu-rambu lalulinas. Saat ini Dishub hanya memberikan opsi disain yang diajukan kepada kepala daerah. Apapun keputusannya nanti, Dishub hanya menjalankan seseuai keputusan yang dipilih.

“Untuk PJU khususnya akan di dipasang dari Sentul hingga Jalan Tegar Beriman, untuk Kemang dan Bojonggede tidak menggunakan PJU ikonik,” katanya.

Untuk pemasangannya, Dishub menegaskan akan dilakukan pada akhir tahun 2021 lantaran pemasanganya menunggu pembangunan infrastruktur baik pedestrian dan jalan berjalan. “Kita tunggu selesai dulu pembangunan pedestrianya dulu,” kata Ade Yana.

Sementara itu, Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor Adriawan memastikan proyek penataan Jalan Raya Kandang Roda-Sentul, Kecamatan Cibinong akan segera dilelang.

Adriawan-sapaanya mengatakan, sebelumnya pembangunan pedestrian dibatalkan pada tahun 2020 karena beberapa wilayah di Kabupaten Bogor terjadi bencana banjir bandang, tanah longsor dan wabah Covid-19.

“Diawal tahun 2021 ini kami akan segera melelang proyek penataan Jalan Raya Kandang-Roda Sentul, Kecamatan Cibinong,” ujarnya.

Dia menerangkan, dibatalkannya proyek senilai Rp190 miliar itu karena anggarannya dipindahkan untuk penangganan bencana alam banjir bandang, tanah longsor, dan wabah Covid-19. (ded)