Beranda Metropolis Sangat Dibutuhkan, 100 Donor Plasma Darah Ditunggu Satu Pasien Covid

Sangat Dibutuhkan, 100 Donor Plasma Darah Ditunggu Satu Pasien Covid

Mantan pasien Covid-19 saat melakukan skrining di Balaikota Bogor, Sabtu (30/1/2021). Foto Sofyansah/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Donor plasma konsvalesen nyatanya memang sangat dibutuhkan saat ini. Ada satu pasien Covid-19 yang menunggu 100 donor plasma tersebut.

Direktur SalamAid, Luthfi Kurnia bercerita, donor ini memang tercipta atas diskusi awal dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Bahwasanya, ternyata satu orang pasien covid yang mengalami itu menunggu 100 orang pendonor.

“Artinya bahwa donor plasma tersebut memang sangat dibutuhkan oleh mereka untuk mempercepat proses penyembuhan,” kata Luthfi pada radarbogor.id di Balaikota, Sabtu (30/1/2021).

Tentunya, kata Luthfi, dengan meningkatnya pasien covid lebih dari satu juta, ada hampir setiap hari lima sampai sepuluh permintaan plasma darah yang masuk ke SalamAid.

“Sehingga itu yang kemudian menjadi inisiasi kami yang bekerjasama dengan PMI dan Radar Bogor untuk melakukan screening awal. Untuk lebih lanjut untuk berikutnya screening awal berikutnya akan dilakukan secara rutin,” urai Luthfi.

Bahkan, Luthfi menargetkan, skrining akan dilakukan rutin di enam kecamatan selama sekali sepekan. Selain itu memang, donor ini sebenarnya untuk memfasilitasi para penyintas di Kota Bogor.

Menurut data, sudah lebih dari 5000 penyintas yang ada. “Mereka sebetulnya punya keinginan kuat untuk membantu. Cuma caranya gimana mereka itu yang gak tau,” tukasnya. (dka)