25 radar bogor

Cerita Tim Gugus Tugas Sukamakmur Jemput Vaksin Covid-19

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Sukamakmur, saat menjemput Vaksin Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Jumat (29/1/2021).
Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Sukamakmur, saat menjemput Vaksin Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Jumat (29/1/2021).

SUKAMAKMUR-RADAR BOGOR, Rasa semangat bercampur khawatir menyelimuti perjalanan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Sukamakmur, saat menjemput Vaksin Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor.

Pasalnya, tim itu harus menempuh puluhan kilometer sembari mengamankan vaksin asal negeri tirai bambu tersebut. “Sepuluh orang yang jemput diantaranya kami tenaga medis, dikawal Satpol PP, anggota polsek dan koramil,” ungkap Teguh Yudiana, salah seorang anggota tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sukamakmur kepada Radar Bogor, Jumat (29/1/2021).

Dengan dua kendaraan mobil, mereka datang ke kantor Dinkes sejak pagi hari. Rasa tegang dirasakan Teguh saat menunggu kapan giliran mereka bisa membawa vaksin itu ke wilayah tugasnya.

Tidak sampai di situ, ketegangan memuncak saat mereka harus secepat mungkin membawa vaksin pada siang hari sebelum waktu shalat jumat.

Tidak ingin terjadi sesuatu hal yang dapat merusak Vaksin Sinovac itu, Teguh bersama tim rela menunda kewajibannya untuk sholat jumat dan segera tancap gas kembali ke wilayah Sukamakmur.

Menurut informasi, vaksin Covid-19 harus tetap ditempatkan di suhu yang terjaga yakni di 4 – 5 derajat celcius. Kebetulan saat itu cuaca sedikit terik meskipun vaksin tersebut ditempatkan di Vaksin Carrier. “Kami tunda sholat jumat, kami ganti dengan sholat zuhur bisa setelah sampai,” ujar Teguh.

Kurang lebih satu jam perjalanan tim akhirnya sampai di wilayah Sukamakmur. Menurut Teguh, pihaknya mendapatkan 110 vaksin di tahap pertama yang dikhususkan untuk para tenaga medis Puskesmas terlebih dahulu.

Di Sukamakmur sendiri terdapat dua Puskesmas yakni Puskesmas Sukamakmur dan Puskesmas Sukadamai. “72 untuk tenaga medis di Puskesmas Sukamakmur dan 38untuk Puskesmas Sukadamai,” tutur Teguh.

Rencananya, vaksinasi dilakukan pada Senin, 1 Februari 2021 nanti dan untuk tahap dua dilakukan pada 14 Februari 2021.(cok)