25 radar bogor

54 Penyintas Covid-19 Skrining di Balaikota, Siap-siap Donorkan Plasma

Ada total 54 mantan pasien Covid-19 yang datangi Balaikota Bogor untuk melakukan skrining, Sabtu (30/1/2021). Foto Sofyansah/Radar Bogor
54 mantan pasien Covid-19  melakukan skrining di Balaikota Bogor, Sabtu (30/1/2021). Foto Sofyansah/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Inisiasi donor plasma darah konsvalesen di Kota Bogor sudah dimulai. Ada total 54 mantan pasien Covid-19 yang datangi Balaikota Bogor untuk melakukan skrining, Sabtu (30/1/2021).

Skrining yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor ini menjadi tahapan awal untuk donor plasma konsvalesen.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Bogor, dr Dini Susasnti menjelaskan, skrining ini terdiri dari beberapa proses dan tahapan. Mulai dari wawancara hingga pengambilan sampel darah.

Mantan pasien Covid-19 saat melakukan skrining di Balaikota Bogor, Sabtu (30/1/2021). Foto Sofyansah/Radar Bogor

“Nanti sampel darah ini dibawa ke unit transfusi darah Kabupaten Bogor untuk diperiksa. Apakah yang bersangkutan ini layak untuk mendonorkan,” kata Dini pada radarbogor.id disela skrining.

Kelayakan itu meliputi, sambung Dini, apakah sang calon pendonor plasma darah konsvalesen ini memiliki kecukupan antibodi. Dan juga terbebas dari penyakit – penyakit yang dapat menulari lewat aliran darah. “Nanti setelah lolos itu, baru yang bersangkutan dipanggil untuk bisa mendonorkan darahnya,” tukas Dini. (dka)

Reporter: Andika Try Wiratama
Editor: Alpin