25 radar bogor

PKS Percaya Polisi Bisa Tindak Tegas Abu Janda

Permadi Arya alias Abu Janda (Dok/JawaPos.com)
Permadi Arya alias Abu Janda (Dok/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Fathul Bari meminta kepada kepolisian untuk melakukan tindakan tegas kepada Permadi Arya atau Abu Janda yang diduga melakukan tindakan rasis dan SARA.

“Kita percayakan kepada aparat kepolisian untuk melakukan tindakan tegas kepada siapapun yang dinilai melanggar hukum, apalagi melakukan tindakan rasisme yang dapat memicu konflik dan perpecahan di masyarakat,” ujar Fathul kepada JawaPos.com, Jumat (29/1).

Fathul menyesalkan dugaan tindakan rasis dan juga SARA yang dilakukan oleh Abu Janda tersebut. Karena Indonesia yang terkenal dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika ini seharusnya bisa menghargai perbedaan antara satu dengan yang lainnya.

“Bangsa ini dibangun dengan latar kebhinnekaan serta berlandaskan nilai-nilai Pancasila yang menjadi falsafah kita dalam bernegara dan berbangsa,” katanya.

“Jadi segala perbedaan, apalagi hanya perbedaan pandangan politik dan perbedaan pendapat, jangan membuat kita alpa untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lain sesama anak bangsa,” tambahnya.

Sebelumnya, KNPI melaporkan Abu Janda untuk bisa diproses hukum oleh polisi. Laporan itu dibuat oleh KNPI dan diterima oleh kepolisian dengan nomor LP/B/0052/I/2021/Bareskrim tertanggal 28 Januari 2021.

Dalam pelaporan ini, Abu Janda diduga melanggar Pasal 45 ayat (3) Jo Pasal 27 ayat (3) dan atau Pasal 45 A ayat (2) Jo Pasal 25 ayat (2) dan atau UU Nomor 19 Tagun 2006 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Kemudian ditambah Pasal 310 dan atau Pasal 311 KUHP tentang kebencian permusuhan individu dan atau antar golongan (SARA).

Adapun cuitan Abu Janda terkait berbau rasis terhadap Natalius Pigai. “Kau @NataliusPigai2 apa kapasitas kau? Sudah selesai evolusi belom kau?” cuit Abu Janda di akun Twitter @permadiaktivis1.

Tidak lama setelah itu, Abu Janda kembali membuat heboh dunia maya. Dalam akun media sosial Twitter miliknya Abu Janda mencuitkan bahwa agama Islam adalah agama yang arogan di Indonesia. Ia mengatakan Islam sebagai agama pendatang dari Arab. Berikut cuitan Abu Janda dalam akun @permadiaktivis1.

“Yang arogan di Indonesia itu adalah Islam, sebagai agama pendatang dari Arab, kepada budaya asli kearifan lokal. Haram-haramkan ritual sedekah laut, sampe kebaya diharamkan dengan alasan aurat,” isi cuitan Abu Janda. (*)

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin