Beranda Berita Utama Begini Kondisi Terkini Aktivitas Gunung Gede Pangrango

Begini Kondisi Terkini Aktivitas Gunung Gede Pangrango

Para petugas tengah mengamati aktivitas Gunung Api Gede Pangrango. Foto: Dokumentasi For Radar Cianjur

CIANJUR-RADAR BOGOR, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Gede yang berada di Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur, menyatakan kondisi dapur magma gunung di kawasan Puncak itu dalam keadaan normal. Meskipun kondisi cuaca kini terbilang ekstrim dan sering tertutup kabut.

Ketua Pos Pengamatan Gunung api Gede, Nur Rokhman Hidayat menjelaskan, meskipun kawah Gunung Gede sering mengepulkan asap dari dapur magma, namun kondisi gunung tidak terpengaruh erupsi gunung api lainnya dan masih normal.

“Info saat ini aktivitas gunung Gede masih normal pak. Pengaruh cuaca ekstrem ini pada pengamatan visual saja karena gunung bisa berhari hari tertutup kabut dan tidak nampak. Tapi itu tidak mengurangi keakuratan data pemantauan kita pak,” kata Nur Rokhman saat dikonfirmasi radarcianjur.com, Jum’at (29/1/2021).

Tetapi di sisi lain, kata Nur Rokhman, untuk gunung Gede saat ini yang berhubungan dengan cuaca ekstrim, belum ada gangguan yang serius. Tidak seperti kondisi Gunung Gede 2018 silam, hingga situasinya terjadi longsor dan banyak alat yang mati terkena petir, angin dan sebagainya. “Cuaca sekarang Alhamdulillah masih aman peralatannya,” tegasnya.

Kendati begitu, Nur Rokhman mengatakan, kendala atau gangguan yang terjadi cenderungnya terkait maintain alat saja. “Maintain alat rutin yang kita biasa lakukan di akhir tahun harus ditunda dulu sampai situasi dan kondisi memungkinkan untuk maintain,” ujar dia.

Ia menambahkan, gangguan terkait cuaca di tahun 2020 kemarin, gangguannya banyak terjadi di Pos Pengamatan beberapa kali terkena petir. Sehingga menyebabkan beberapa komputer pengamatan terbakar. (dan)

Sumber: radarcianjur.com
Editor: Alpin