Beranda Bogor Raya Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Bogor Dimulai, 13 Orang Dipilih Sebagai Penerima Pertama

Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Bogor Dimulai, 13 Orang Dipilih Sebagai Penerima Pertama

Vaksinasi
Pemberian vaksin perdana di Puskesmas Cimandala, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kamis (28/1/2021). HENDI/RADAR BOGOR

SUKARAJA-RADAR BOGOR, Program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor dimulai Kamis (28/1/2021). Sebanyak 13 orang dipilih sebagai penerima program vaksinasi pertama di Bumi Tegar Beriman.

Namun, dari total tersebut ada tiga orang yang dianggap kurang memenuhi syarat untuk menerima dosis vaksin. Salah satunya Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, Pemkab Bogor telah melaksanakan pencanangan vaksin Covid-19 perdana di Kabupaten Bogor, diberikan kepada influencer dan tenaga medis (nakes) yang bertugas di Kabupaten Bogor.

universitas-nusa-bangsa

Ade menjelaskan, setelah pencanangan vaksin Covid-19 sekalgus dilaksanakan distribusi vaksin Covid-19 kepada fassilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) yang telah ditunjuk.

Rincianya, dilaksanakan di 101 Puskesmas, 4 RSUD, 1 RS Paru, 1 RSAU Dr. M Hassan Toto, 22 RS Swasta dan 7 Klinik, dan 2 RS Satelit.

“Hari ini pencanangan influencer, dokter, tokoh agama, Polri, TNI dan Nakes,” ujar Bupati Bogor usai pencanangan vaksinasi di Puskesmas Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (28/1/2021).

Ade mengatakan, pencanangan yang dilakukan Pemkab Bogor berjalan lancer lantaran tak ada dampak yang ditimbulkan setelah divaksin.

Setelah mereka mendapatkan dosis vaksin, peserta penerima vaksin diharuskan masuk ke satu ruangan yang telah disiapkan.
“Setelah disuntik mereka ke satu ruangan, dicek ada reaksi atau tidak,” katanya.

Politisi PPP itu juga mengaku sudah menyiapkan tim medis dan melakukan observasi secara menyeluruh dan hasilnya sangat baik.

“Beberapa yang sudah divaksin disediakan ruangan tidak ada mengeluh,” katanya.

Sedangkan 12.800 nakes juga divaksin serentak yang tersebar di seluruh fasyankes Kabupaten Bogor. Pemkab Bogor juga menyiapkan beberapa RS yakni Sentra Medika, dan RS Bina Husada sebagai RS rujukan ketika ada gejala sesuatu yang dirasakan pemerima vaksin.

Ade juga tetap mengimbau agar mematuhu protokol kesehatan dan tetap menapkan protokol kesehatan (prokes) dengan menerapkan 5M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Aktifitas dan Mobilitas). (ded)

Reporter : Dede
Editor : Yosep