25 radar bogor

Ini Jurus Atasi Masalah Jerawat Akibat Rutin Pakai Masker

Ilustrasi klinik kecantikan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker. (Instagram Futri Zulya )
Ilustrasi klinik kecantikan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker. (Instagram Futri Zulya )

JAKARTA-RADAR BOGOR, Penggunaan masker di era pandemi Covid-19 merupakan satu hal yang diwajibkan untuk mencegah penularan. Dengan menggunakan masker, kita dapat melindungi diri kita sendiri dan orang sekitar kita untuk terhindar dari virus dan penyakit.

Namun, penggunaan masker ternyata bisa memicu masalah kulit. Seseorang dengan kulit yang sensitif bisa berjerawat di area penggunaan masker yang biasa disebut dengan istilah maskne yang diambil dari kata masker dan acne.

Untuk menghindari tersebut, Praktisi Kecantikan dan CEO dari ZGLOW Clinic Futri Zulya menjelaskan beberapa tips yang bisa mencegah hal itu.

“Soal masker ini memang bisa menyebabkan maskne ya, makanya harus melakukan perawatan rutin,” kata Futri secara virtual dari cabang Jalan Mt Haryono Dalam Balikpapan, Kalimantan Timur, baru-baru ini.

Menurut Futri, selain datang ke klinik kecantikan, ada berbagai tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah ‘maskne’.

Apa saja?
1. Rajin membersihkan wajah
Membersihkan wajah terkadang memang malas untuk dilakukan. Biasakan untuk cuci muka dua kali dalam sehari, saat bangun tidur dan sebelum tidur. Bersihkan dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Jenis Masker
Pilihlah jenis masker yang bahannya tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit dan juga yang nyaman saat Anda mengenakan masker tersebut. Pastikan juga msker tersebut dapat menutupi area hidung dan mulut Anda dengan baik.

3. Kebersihan Masker
Jaga kebersihan masker yang Anda gunakan, jangan meletakkannya disembarang tempat. Jika sedang makan, Anda dapat meletakkan masker di dalam wadah bersih agar tetap terjamin kebersihannya.

4. Treatment dan Skincare
Jika jerawat muncul di wajah Anda akibat maskne, maka Anda dapat melakukan tindakan treatment di klinik kecantikan. Anda juga bisa menggunakan produk skincare untuk menghilangkan jerawat yang membandel.

Editor: Alpin
Sumber: JawaPos.Com