25 radar bogor

BUMDes Mart Diresmikan, UMKM Desa Gunung Putri Punya Wadah

BUMDes Mart Desa Gunung Putri
BUMDes Mart Desa Gunung Putri

GUNUNG PUTRI-RADAR BOGOR, Dalam waktu dekat, BUMDes Gunung Putri akan meresmikan BUMDes Mart, unit usaha minimarket yang akan mewadahi seluruh produk hasil UMKM warga Desa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Bermitra dengan CSR PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, BUMDes Mart diharapkan dapat menyediakan semua kebutuhan warga.

Menurut Ketua BUMDes Mitra Maju Sejahtera, Jaya Zainudin, setelah mempersiapkan infrastruktur dan penataan selama satu bulan, BUMDes Mart akan segera diresmikan pada minggu pertama Februari 2021.

“Setelah diresmikan, sekitar 50 produk UMKM warga Gunung Putri akan dipasarkan di BUMDes Mart ini,” ungkap Jaya kepada Radar Bogor (28/1/2021).

Nantinya, CSR perusahaan semen itu akan membantu dalam setiap program pelatihan administrasi, pengembangan UMKM dan juga sarana lain guna mendukung kemajuan unit usaha BUMDes Gunung Putri tersebut.

BUMDes Gunung Putri juga, lanjut Jaya, telah menjadi supplier dalam pengadaan barang di Koperasi Karyawan Indocement (KKI) sejak empat bulan terakhir sebelum dibangunnya ruko BUMDes Mart.

Sementara itu, Tim CSR Indocement, Bambang menyatakan komitmennya dalam mendukung kemajuan Desa Gunung Putri salah satunya dengan kerjasama dalam membangun BUMDes Mart.

“Sebagai salah satu desa binaan, kami saling bermitra dengan Desa Gunung Putri, termasuk dengan BUMDes kita bantu pelatihan dalam administrasi,” tuturnya.

Si tempat yang sama, Kepala Desa Gunung Putri, Daman Huri mengatakan, BUMDes Mart merupakan salah satu upaya dalam memperkuat hubungan antara pemerintah desa dengan CSR perusahaan terutama untuk pengembangan dan kesejahteraan masyarakat.

“Dan Untuk UMKM ini kita prioritaskan, juga produk kebutuhan lain disediakan, makanan dan minuman kami utamakan,” pungkas Daman.

 

Reporter : Septi Nulawam

Editor : Rany P Sinaga